2/23/2011

Tips Merintis Bisnis Rumahan


Bisnis Rumahan - Merintis bisnis rumahan tentunya lebih fleksibel, baik dalam perencanaan finansial maupun waktunya. Jika kita mengelola bisnis rumahan diharapkan dapat lebih Mandiri, tidak terikat oleh aturan seperti yg dialami jika menjadi pekerja di suatu perusahaan, industri ataupun institusi.

Langkah awal memulai bisnis rumahan tak beda jauh dgn bisnis pada umumnya. Hal pertama yg perlu ditentukan adalah jenis usaha, karena merupakan tahap yg sangat menentukan. Bisnis Rumahan, tampaknya cocok dgn kehidupan ibu rumah tangga. Dgn waktu yg fleksibel, seorang ibu dapat membagi waktu antara bisnis dan urusan keluarga. Begitu pula komunitas yg merintis bisnis, seperti mahasiswa, maupun pencari kerja, justru dari merekalah selalu ada inovasi maupun kreativitas yg dapat dikembangkan untuk perkembangan bisnis rumahan, yg rata-rata sedang dibutuhkan konsumen.


Berbisnis pada dasarnya adalah menawarkan barang atau jasa kepada orang lain. Sedangkan urusan manusia di dunia ini begitu banyak jenisnya. Kebutuhan dan keinginan manusia tak mengenal batas, hal-hal yg berkaitan dgn makanan, minuman, obat-obatan alami, pakaian, sepatu, tas, pembuatan asesoris-asesoris, bidang kedokteran-kesehatan, jasa, konsultan, bidang pendidikan, kursus-kursus, bimbingan belajar, buku-buku pelajaran-ATK, komputer, seluler ataupun usaha yg lain dapat dirintis menjadi bisnis rumahan.

Di dalam dunia entrepreneurship ada satu pedoman bahwa untuk memulai bisnis tak selalu diperlukan modal besar. Modal besar bukan faktor utama, akan tetapi kerja keras, ketekunan, silaturahmi dan keseriusan itulah modal awal untuk merintis bisnis rumahan. Sehingga usaha tersebut dapat terus berkembang.

Untuk memperoleh modal biasanya di dapat dari investor baik dari lingkungan keluarga sendiri, ataupun dari pihak lain misal : rekanan bisnis maupun dari perbankan.

Bisnis rumahantentunya memiliki keuntungan yg jelas dalam hal penghematan modal. Selain itu jika mengelola bisnis rumahan memudahkan pula pengawasannya. Yg menjadi masalah mengelola bisnis adalah berubahnya fungsi rumah sebagai rumah tinggal, menjadi kehilangan fungsi privasinya karena digunakan untuk usaha. Tentunya diperlukan kearifan untuk menyelesaikan masalah, misalnya setelah usaha menjadi besar dapat pindah ke lokasi yg baru.

Dalam mengelola bisnis rumahan, tentunya diperlukan pula sikap profesional pengelolanya agar bisnis yg dirintis dapat terus berkembang menjadi besar. Berani merintis usaha dari rumah?

Sumber: ciputraentrepreneurship.com

Temukan Info lain Septuar Bisnis Rumahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar