2/09/2011

6 Langkah Sebelum Memulai Bisnis


Bisnis - Apa pentingnya riset pasar sebelum memasarkan produk? Berbicara pemasaran, maka kita tidak hanya membicarakan tentang baaimana cara memasarkan produk, bagaimana agar produk kita bisa laku dipasaran. Namun jauh sebelum itu, bahkan sebelum produk tercipta, maka pemasaran sudah lebih dahulu kita diskusikan. Sebelum kita menciptakan produk, maka kita sudah harus merencanakan “riset pasar”. Karena disinilah inti dari bisnis kita, bagaimana kita menciptakan sebuah produk yg dibutuhkan oleh pasar, bukan memaksakan produk kita agar diterima oleh pasar. Hasil dari riset pasar inilah yg kemudian kita olah menjadi ide bisnis. Berangkat dari hasil riset ini pula kita menentukan strategi pemasaran, yg kemudian kita bangun potitioning-nya atau lebih kita kenal sebagai branding (Brand Building), dan kemudian disusul oleh rencana pemasaran lainnya.

Jadi dapat kita katakan bahwa riset pasar adalah otak utama dalam berbisnis. Mengapa kita sebut otakny bisnis, karena ia merupakan bagian yg bertanggung jawab menentukan kemana langkah strategi bisnis kita kedepanya.

Berikut Ini Beberapa Cara Yg Umum Dilakukan Dalam Riset Pasar :

1. Lakukan survey pasar

Anda bisa mengetahui kondisi pasar dgn cara membuat survey, melalui angket, kuesioner atau wawancara langsung pada masyarakat. Dari kegiatan tersebut Anda bisa mengetahui minat dan kebutuhan konsumen, yg telah diwakili dari hasil survey yg didapatkan di lapangan. Semakin luas jangkauan masyarakat yg Anda survey, maka semakin valid pula hasil yg diperoleh.

2. Amati perkembangan pasar

Anda bisa melakukan riset dgn mengamati perkembangan pasar yg ada saat ini. Amati trend yg sedang banyak dicari masyarakat, dan amati pula produk-produk yg sudah ada di pasaran. Hasil pengamatan bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan, sebelum akhirnya melemparkan sebuah produk ke pasaran.

3. Lakukan uji coba pasar

Sebelum memasarkan produk baru, sebaiknya lakukan uji coba pasar di beberapa lokasi usaha, untuk mengetahui tanggapan pasar. Misalnya saja dgn menitipkan produk Anda di toko-toko atau warung yg ada di sekitar Anda, dgn demikian Anda bisa mengetahui respon pasar untuk menyempurnakan produk Anda sebelum ditawarkan ke pasaran yg lebih luas.

4. Perhatikan tingkat persaingan pasar

Sebelum memasarkan produk, sebaiknya Anda mengetahui tingkat persaingan yg ada di pasaran. Tawarkan inovasi baru untuk memasuki pasar yg sudah dipenuhi para pesaing. Agar produk Anda tidak kalah saing di tengah-tengah pasar yg sudah ramai.

Mengingat adanya riset pasar sangatlah penting dalam memasarkan produk. Maka sebisa mungkin lakukan riset, sebelum Anda melangkah. Agar strategi pemasaran yg Anda gunakan tepat sasaran, dan memberikan hasil yg maksimal.

Semoga informasi pemasaran bisnis untuk pekan ini bisa membantu Anda yg akan memasarkan produk baru, dan memberikan manfaat bagi para pembaca pada umumnya. Selamat mencoba dan salam sukses.

sumber: usahaukm.com

Temukan Info Lain seputar Bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar