2/07/2011

Memilih Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga


Usaha - Menjadi ibu rumah tangga, bukan berarti tidak ada peluang untuk menjalankan sebuah usaha. Banyak peluang usaha rumahan yg bisa Anda jalankan di rumah, tanpa harus melalaikan tugas utama Anda sebagai ibu rumah tangga.

Nah, untuk membantu para ibu yg ingin mencoba peluang usaha rumahan laundry kiloan, berikut kami informasikan apa saja yg dibutuhkan untuk memulai usaha tersebut.


Konsumen

Konsumen utama usaha laundry kiloan adalah para mahasiswa, anak kost, para pegawai, serta masyarakat umum yg tidak memiliki cukup waktu untuk mencuci sendiri di rumah.

Info usaha

Untuk memulai usaha laundry kiloan, ada beberapa hal yg perlu Anda siapkan. Antara lain sebagai berikut :

1. Siapkan lokasi usaha, manfaatkan ruang kosong di rumah Anda. Misalnya dgn membuka gerai laundry di garasi rumah, atau di teras rumah Anda.

2. Selanjutnya buat prosedur tetap untuk menjalankan usaha laundry. Mulai dari proses pemberian takaran detergen, hingga proses pengepakan baju bersih, jangan lupa penetapan harga.

3. Siapkan peralatan dan perlengkapan yg mencukupi, contohnya saja mesin cuci dan pengering, dll.

4. Lakukan survey untuk mengetahui tarif jasa laundry kiloan yg umumnya ada di pasaran saat ini. Survey juga bisa dilakukan untuk mengetahui para pesaing yg ada di sekitar rumah Anda.

6. Pilih karyawan yg benar-benar terampil.

Kelebihan usaha

Menjalankan usaha laundry kiloan di rumah, memang sangat menguntungkan. Setiap harinya jumlah masyarakat yg menggunakan jasa laundry semakin meningkat. Sehingga membuat peluang pasar usaha rumahan ini semakin luas, dan untung yg didapatkan juga semakin besar. Ditambah lagi tarif jasa laundry kiloan yg lebih murah daripada laundry bijian, membuat usaha laundry kiloan lebih diminati para konsumen.

Kekurangan usaha

Satu kendala yg sering dihadapi para pelaku usaha yaitu persaingan usaha yg sangat ketat. Besarnya minat konsumen, membuat masyarakat saling berlomba untuk memanfaatkan potensi pasar tersebut menjadi peluang usaha. Hal inilah yg membuat usaha laundry kiloan sekarang ini bisa ditemukan di berbagai tempat.

Kendala lainnya yg sering muncul adalah, banyak konsumen yg menginginkan pengerjaan laundry lebih cepat sehingga kurang optimal dalam hasil

Pemasaran

Anda bisa memasarkan usaha laundry kiloan dgn cara memasang spanduk atau papan nama di depan rumah. Jadi masyarakat yg melewati lokasi tersebut, mengetahui bahwa Anda menjalankan usaha laundry di rumah. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan strategi promosi dgn membagikan pamflet, brosur, atau leaflet di sekitar lokasi usaha.

Untuk menarik minat konsumen, Anda bisa memberikan potongan harga atau bonus tertentu kepada pelanggan tetap Anda.

Anda juga bisa mengenalkan usaha tersebut melalui promosi dari mulut ke mulut. Informasikan usaha laundry yg Anda jalankan pada kerabat dekat, para tetangga, dan teman-teman Anda. Cara tersebut, menjadi solusi tepat pelaku usaha untuk mengenalkan usaha yg dijalankannya ke masyarakat luas.

Kunci Kesuksesan

Yg terpenting dalam menjalankan usaha jasa adalah kepuasan pelanggan. Oleh karena itu berikan pelayanan terbaik bagi para konsumen Anda.

Sumber: Bisnisukm

Temukan Info Lain seputar Usaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar