2/10/2011

Tips Bisnis Emas Dengan Cabai


Peluang Usaha - Saat ini cabe menjadi salah satu komoditas sayuran yg banyak dibutuhkan masyarakat, baik masyarakat lokal maupun internasional. Setiap harinya permintaan akan cabe, semakin bertambah seiring dgn meningkatnya jumlah penduduk di berbagai negara. Sehingga budidaya sayur ini menjadi peluang usaha yg masih sangat menjanjikan, bukan hanya untuk pasar lokal saja namun juga berpeluang untuk memenuhi pasar ekspor.

Tanaman yg berasal dari daerah tropis di benuaAmerika ini, sekarang banyak dibudidayakan di Indonesia. peluang usaha cabe yg cukup menguntungkan, menarik minat para petani di daerah dataran tinggi, dataran rendah, hingga daerah pesisir pantai untuk membudidayakan sayuran ini. B Jenis cabe juga cukup bervariasi, beberapa jenis dibedakan berdasarkan ukuran, bentuk, rasa pedasnya dan warna buahnya. Di Indonesia sendiri jenis cabe yg banyak dibudidayakan antara lain cabe keriting, cabe besar, cabe rawit, dan cabe paprika. Sebab menyesuaikan permintaan konsumen, yg banyak menggunakan jenis cabe tersebut sebagai penyedap masakan.

Selain dijadikan sebagai bahan penyedap makanan, cabe juga bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam produk olahan seperti saos cabe, sambel cabe, pasta cabe, bubuk cabe, cabe kering, dan bumbu instant. Bahkan produk-produk tersebut sudah berhasil di ekspor ke Singapura, Hongkong, Saudi Arabia, Brunei Darussalam dan India.

Untuk menghasilkan cabe yg berkualitas, diperlukan proses pembibitan dan perawatan yg tepat pada saat budidaya. Beberapa hal yg perlu diperhatikan pada budidaya untuk cabe, agar tidak mengalami kerugian antara lain sebagai berikut :

1. Pemilihan lahan yg sesuai. Tanaman cabe cocok ditanam di daerah yg disinari matahari 10-12 jam per hari, memiliki suhu 24-28° celcius, memiliki kelembapan 80% dan cocok tumbuh ditanah lempung berpasir yg banyak mengandung unsur hara, serta memiliki pH antara 6 sampai 7.

2. Musim tanam yg tepat. Jika harga cabe sedang anjlok, sebaiknya ganti dgn tanaman lain. Hal ini untuk mencegah kerugian akibat anjloknya harga, saat pasokan cabe melimpah.

3. Pilihlah jenis cabe yg banyak diminati konsumen, namun harga bibitnya tidak terlalu mahal. Dgn begitu biaya produksi juga dapat ditekan, agar tidak merugi.

4. Yg terakhir yaitu proses perawatan yg tepat. Lakukan penyemprotan pestisida cair dgn dosis 0,5-1 gram/liter ke lahan sebelum bibit ditanam, ini untuk mencegah serangan jamur dan patogen lain. Selain itu setelah 10 hari ditanam, tambahkan pupuk setiap seminggu sekali. Dan lakukan berselang-seling dgn pemberian pestisida.

Jika perawatan maksimal diberikan selama proses budidaya cabe berlangsung, maka peluang sukses meraup untung dari peluang usaha cabe dapat Anda nikmati. Sekian informasi mengenai peluang usaha budidaya cabe, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bisnis di daerah Anda.

Sumber: bisnisukm.com

Temukan Info Lain seputar Peluang Usaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar