2/16/2011

Bagaimana Mengajak Sahabat Untuk Berbisnis


Jasa Konsultan - Tidak semua teman bisa Anda ajak kerja sama. Pilihlah yg terbaik berdasarkan kriteria berikut dari Jasa konsultan keuangan dari Biro Perencana Keuangan Safir Senduk & Rekan:

· Sudah kenal lama. Pastikan Anda sudah tahu sifat-sifatnya, apakah dia seorang pekerja keras atau tidak, senang bergaul atau penyendiri, rasional atau emosional, dan lain sebagainya.

· Pernah bertengkar hebat dgnnya. Saat bertengkar, Anda jadi tahu aslinya sahabat seperti apa. Kalau selama ini akur-akur saja, mungkin ia memang hanya memperlihatkan sisi baiknya pada Anda, sementara yg jelek-jelek disembunyikan. Jangan sampai Anda kaget karena baru mengetahui diri aslinya bila bertengkar saat berbisnis.

· Pernah mengurus uang dgnnya. Uang bisa mengubah kepribadian seseorang 180 derajat. Akan lebih baik bila Anda punya pengalaman menygkut uang dgnnya. Pilihlah sahabat yg terampil mengatur keuangan.

· Profesional dan menghargai waktu. Di waktu luang, sahabat bisa saja bersantai. Tetapi ketika berbisnis, ia harus bisa menempatkan dirinya sesuai tuntutan pekerjaan. Waktu, reputasi usaha, dan kepercayaan klien sangatlah berharga. Hindari memilih teman yg menggampangkan segala sesuatunya.

Setelah berhasil menemukan teman yg memenuhi syarat, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal yg harus Anda lakukan sebelum mulai berbisnis bersama:

Membuat perjanjian resmi. Perjanjian ini harus dibuat dalam bentuk hitam di atas putih. Artinya ada dokumen tertulis. Walaupun berniat baik, bisa saja suatu hari salah satu pihak khilaf. Dokumen ini berguna sebagai rujukan untuk meluruskan kembali penyimpangan.

Anda bisa pergi ke notaris untuk urusan ini, atau bisa membuatnya sendiri di atas kertas segel atau kertas biasa dgn materai. Jabarkan segalanya sedetail mungkin.

Membuka rekening. Jika usahanya masih berskala kecil, Anda berdua cukup memiliki satu rekening atas nama salah satu pihak saja. Yg banyak terjun di lapangan bisa memegang kartu ATM-nya dan yg bekerja di balik meja dapat menyimpan buku tabungannya. Jika usaha sudah maju, Anda berdua bisa membuat rekening bersama (joint account).

Sepakat menunjuk orang ketiga sebagai penengah. Akan lebih baik bila Anda sudah mengetahui siapa orang ini terlebih dahulu. Dgn demikian Anda tidak repot ke sana-sini mencari pihak yg bersedia bertindak sebagai mediator bila terjadi masalah. Anda juga dapat mengikutsertakan seorang konsultan atau perencana keuangan di awal merintis usaha. Ada biaya yg mesti dibayar kalau memakai jasa konsultan.

Rajin berkomunikasi dan selalu berterus-terang. Bila ada yg kurang sreg di hati, ungkapkan baik-baik. Jangan memendamnya sambil berharap ia akan menyadarinya sendiri. Ingat, Anda hanya boleh mengkritiknya dari sisi pekerjaan, bukan pribadi. Katakan padanya bahwa yg Anda lakukan adalah demi kemajuan usaha bersama.

Sumber: female.kompas.com

Temukan Info Lain Seputar Jasa Konsultan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar