2/14/2011

Menekuni Usaha Pengiriman Barang


Pengiriman Barang - Jasa Pengiriman Barang atau jasa kurir bisa menjadi salah satu peluang bisnis jasa yg menguntungkan. Untuk memulai terjun ke bisnis ini, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Terutama berkaitan dgn potensi peluang bisnis jasa pengiriman ini.

Membangun Bisnis Jasa Pengiriman Barang Mencakup Beberapa Hal, Yaitu :

Tentukan Daerah Operasi dan Jenis Alat Transportasi yg Akan Digunakan

Apakah Anda akan menggunakan mobil atau mengandalkan sepeda motor untuk mengangkut barang-barang? Dgn mobil, Anda dapat mengambil dan mengirimkan barang melintasi kota, sementara sepeda membatasi Anda ke wilayah operasi yg agak sempit.

Jika Anda berada di pusat bisnis kota yg ramai dgn banyak firma hukum, bank, dan kantor lain yg dapat mendukung bisnis Anda, alat transportasi sepeda motor merupakan pilihan terbaik bagi pemula.

Sebaliknya, jika Anda tidak berada di pusat kota, bisnis kurir dgn menggunakan mobil adalah suatu keharusan. Selain itu, mobil bisa menjangkau wilayah yg luas. Semakin luas jangkauan operasi Anda, maka bisnis akan lebih banyak mendatangkan keuntungan.

Tentukan Jenis Item

Peluang bisnis jasa Pengiriman Barang akan semakin berpotensi apabila Anda bisa melayani banyak item untuk dikirimkan. Kapasitas penyimpanan kendaraan Anda akan memainkan peranan besar dalam keputusan ini.

Jika Anda menangani surat-surat, paket-paket kecil, dan dokumen rahasia, Anda membutuhkan tas berkualitas tinggi dan tahan air. Jika Anda memutuskan untuk juga melayani jasa pengiriman untuk item yg lebih besar, seperti makanan, kargo medis, kargo industri, atau kotak besar lainnya, Anda memerlukan kendaraan yg bisa menampung semua itu.

Tentukan Biaya

Tentukan biaya rata-rata, jam operasional, biaya tambahan, batas Pengiriman Barang dan layanan lainnya yg ditawarkan. Gunakan ini sebagai titik awal Anda untuk menetapkan kriteria bisnis Anda.

Sebagai langkah awal, Anda bisa tawarkan diskon di bawah semua kompetisi Anda untuk mendapatkan pelanggan. Perlakukan mereka dgn baik karena ini adalah dasar sebuah pelayanan. Jika mereka puas, mereka pasti akan menggunakan jasa pengiriman Anda lagi.

Membuat Bisnis Anda Resmi

Jika Anda benar-benar dalam mencoba peluang bisnis jasa ini, buatlah bisnis Anda tercatat secara resmi. Kunjungi instansi pemerintahan terkait untuk mendapatkan izin usaha.

Promosikan Bisnis Anda

Beritahu teman dan keluarga, dan bagikan kartu nama kepada setiap orang yg Anda kenal. Tinggalkan kartu nama di lokasi seperti pada papan buletin. Anda juga bisa memasang iklan di koran, atau di buku telepon.

Sebuah website bisa membantu dalam membangun usaha Anda secara online. Beri konten mengenai daftar biaya, waktu operasi, wilayah pengiriman, dan semua detail lainnya. Pastikan situs tersebut memiliki penampilan yg profesional.

Sumber: Anneahira.com

Temukan Info Lain Seputar Pengiriman Barang

1 komentar:

  1. saya sangat tertarik dgn bisnis ini...mau tanya,,tips2 apa saja untuk mendapatkan order dari pihak bank atau perkantoran dalam pengiriman paket se jabotabek dan bgmn cara menjalin kerja sama dgn pihak bank atau perkantoran tersebut.
    Salam

    BalasHapus