6/11/2010

Belajar Apa Itu Potensial Transformator


Transformator adalah alat untuk memindahkan daya listrik arus bolak balik dari suatu rangkaian ke rangkaian lain secara induksi elektromagnetik, baik untuk mentransformasikan tegangan maupun arus listrik yang berbeda nilai tetapi frekuensinya tetap transformator yang bagus baiasa di jual di distribution transformer. Pada umumnya alat ini memiliki effisiensi yang tinggi yaitu lebih besar dari 85%. Keuntungan yang di dapat dari pemakaian transformer dalam suatu sistem suplai listrik yaitu mendapatkan kemungkinan untuk memilih besar tegangan yang susuai dengan kebutuhan. Gandengan magnet yang terdapat pada trafo biasanya merupakan suatu sarana penyebab terjadinya suatu fluks magnetik.

Pada umumnya bagian dari transformator adalah

* Rangkaian listrik, terdiri dari lilitan primer, lilitan sekunder dan isolasi

* Rangkaian magnetik, terdiri atas limbs yokes dan susunan pengikat

* Terminal, terdiri atas tapping switch dan terminal insulator

* Tangki minyak, konservator dan peralatan tambahan lainnya

Berdasarkan fungsi kerjanya, transformator diklasifikasikan atas :

* Transformator daya (Power transformator )

* Transformator distribusi (Distribution transformer ).

* Potensial transformator

Potensial Transformer mempunyai fungsi yaitu mentransformasikan harga tegangan dari tegangan tinggi ke tegangan yang rendah untuk menghindari bahaya resiko tegangan yang sangat tinggi dan menghindari penggunaan alat ukur dengan dimensi. Ketelitian pada transformator ini penting. Karena perbandingan antara tegangan sekunder dengan tegangan primer harus sebanding. hal ini sesuai dengan persamaan :

Potensial Transformator didesain untuk hubungan antara line ke line atau line ke netral. Potensial dapat dirubah melalui lilitan primer dengan akurat. Dan potensial transformator ini dapat digunakan dengan voltmeter dan dapat di kombinasikan bersama transformator arus untuk watt meter.

Pemasangan Potensial Transformator pada Peralatan Kopling Power Line Carrier.

Kapasitor kopling tegangan tinggi adalah alat penghubungantara peralatan sinyal pembawa yang berfrekuensi tinggi dan konduktor kawat phasa yang bertegangan tinggi. Secara fisik alat ini terdiri dari susunan bebrapa elemen kapasitor mika/ kertas yang dihubungkan secara seri serta

dicelupkan/ direndam kedalam minyak. Sebagai tempat kedudukan elemen – elemen kapasitor dan minyak tadi, di buat dari bahan di elektrik porselen yang berbentuk silinder, dan bagian luar di buat semacam sayap yang tersusun untuk mencegah mengalirnya secara langsung curah hujan dari sisi tegangan tinggi mengalir ke sisi tegangan rendah atau ke tanah yang bisa mengakibatkan terjadinya hubung singkat, dan susunan kapasitor ini didalamnya dihubungkan ke peralatan potensial transformator yang berfungsi untuk mengatur tegangan, dan pengukuran tegangan, dihubungkan dengan volt meter di panel kontrol. Untuk lebih mudah mencari informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi distribution transformer terpercaya

http://melidapolban.blogspot.com

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar