6/21/2010

Tips Bisnis Komputer


Karena banyaknya permintaan tentang bahasan peluang bisnis komputer di internet, maka saya memutuskan untuk memberikan artikel tentang usaha toko komputer.

Tapi saya akan memberikannya dalam versi lain. Terlalu banyak artikel yang menjelaskan tips tentang bagaimana caranya sukses menjalankan peluang usaha komputer.


“ Pembunuh Mematikan Peluang Usaha Komputer”.

1. Tidak Melakukan Networking dengan Dealer atau Supplier.

Per-erat dan perlebar networking dengan supplier. Karena dengan cara demikianlah anda bisa mendapat special price dari para supplier. Bahkan anda bisa menjadi master dealer untuk suatu kawasan. Karena anda dekat dengan supplier, modal operasional usaha komputer anda bisa menjadi kecil karena anda bisa bayar tempo.

Anda ingat, semua kualitas spare part dan asesoris untuk komputer dari jenis yang sama tidak ada perbedaan. Yang membedakan adalah jika anda dapat spesial price sehingga margin anda lebih tinggi dari yang lain. Berarti, anda semakin bisa mengembangkan peluang usaha komputer ini.

2. Memilih Tempat Usaha Sembarangan

Sangat penting memiliki tempat yang strategis untuk berjualan komputer. Dengan letak yang strategis otomatis mempermudah konsumen untuk datang. Dan lagi, anda akan lebih menghemat biaya promosi. Efeknya, anda bisa mendapatkan tambahan pemasukan.

3. Toko Komputer Tidak Perlu Marketing

Terlalu banyak orang yang mengambil peluang usaha toko komputer tapi tidak mempelajari pemasaran. Bagaimana orang bisa kenal dengan toko anda kalau anda tidak melakukan strategi pemasaran yang baik?

Anda harus bisa memanfaatkan iklan di surat kabar, pameran, buletin-buletin kampus jika segementasi pasar anda mahasiwa atau mempekerjakan sales untuk melakukan penawaran-penawaran ke perusahaan-perusahaan. Pelajarilah strategi pemasaran agar peluang usaha komputer yang anda jalankan bisa berhasil.

4.Tidak Mempersiapkan Keuangan dengan Baik

Biasanya orang yang mau buka usaha tidak mempersiapkan perencanaan bisnis dengan matang. Terutama pada bagian keuangan. Contohnya adalah bagaimana seharusnya mengatur arus kas jika nanti ada yang retur, berapa gaji teknisinya, berapa biaya promosinya atau bagaimana mengefisienkan biaya operasional.

Dan salah satu contoh yang paling sering dialami orang yang menjalankan peluang usaha komputer adalah “membeli kebutuhan toko“. Memang benar dengan adanya network yg baik dengan para supplier, ada kemungkinan anda bisa membayar tempo. Tapi kalau anda baru buka usaha komputer? Bagaimana supplier anda tahu bahwa toko komputer anda bagus dimatanya?

5. Kadang Disiplin, Sering Kali Tidak

Disiplin ini perkara yang gampang diucapkan tetapi sulit untuk dilakukan. Berapa banyak pengusaha, apalagi jika belum punya karyawan, tidak bisa membuka toko tepat waktu. Walaupun mereka sudah membuat aturan jam buka toko dan dipasang besar-besar di tembok.

Kalau pada waktu awal-awal mungkin bisa displin. Bahkan toko belum buka-pun sudah pada nongkrong di depan toko. Begitu omset usaha komputernya turun atau usaha komputernya sudah berjalan lama tapi perkembangannya belum signifikan, sudah tidak kelihatan barang hidungnya.

http://www.dokterbisnis.net/

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar