6/04/2010

Perkembangan Internet Bagi Bisnis Periklanan


Pesatnya perkembangan teknologi internet saat ini membuat berbagai lini kehidupan mulai melirik untuk menggunakan teknologi dunia maya ini. Semakin mudahnya dalam mengakses internet dan juga diiringi dengan semakin murahnya biaya yang diperlukan untuk terkoneksi membuat pengguna internet diberbagai dunia meningkat tajam setiap tahunnya. Bahkan mengalahkan pengguna radio dan televisi.

Mengingat banyaknya pengguna internet membuat perusahaan-perusahaan ataupun pemilik usaha mulai mencoba melakukan promosi terhadap produk/jasanya melalui Pasang Iklan di media ini. Hal ini pun juga memberikan peluang bagi beberapa orang untuk menyediakan jasa periklanan.

Pada masa lalu promosi dilakukan melalui media mesin pencari (search engine) dengan cara menampilkan contextual advertising(iklan teks) dari produk yang diiklankan pada urutan teratas hasil pencariaan dimana para pemasang iklan harus berkompetisi harga untuk mendapatkan peringkat teratas tersebut. Namun, hal ini membuat hasil pencarian tidak sesuai yang diinginkan oleh pencari.

Selanjutnya muncullah mesin pencari google yang memberikan gebrakan baru dalam dunia periklanan di internet. Google menampilkan hasil-hasil pencarian yang relevan dengan yang dicari oleh pengguna lalu pada waktu yang bersamaan iklan pun juga ditampilkan tapi pada bagian yang berbeda dari hasil pencarian.

Seiring berjalannya waktu, google pun menyadari bahwa tidak semua orang di seluruh dunia mengakses google. Oleh sebab itu, google membuat sebuah layanan yang bernama google adsense. Dengan adanya layanan ini para pemiliki website atau blog dapat bekerja sama untuk Pasang Iklan dari google di website/blog mereka dimana untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung website maka pemilik website akan mendapatkan sebagian komisi dari hasil pemasangan iklan tersebut.

jika pada awal terciptanya internet hanya digunakan pada kalangan militer dan pendidikan saja maka kini semua orang dari berbagai belahan dunia dapat menikmati teknologi ini dalam menyelesaikan masalahnya. banyaknya pengguna ini pun menimbulkan berbagai peluang bisnis dengan menggunakan media ini dan salah satunya adalah bisnis periklanan yang sekarang ini banyak berkembang.

wartawarga.gunadarma.ac.id

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis - Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar