6/08/2010

Membuat Undangan Pernikahan Murah


Selain pre wedding, budget lainnya yang harus kita keluarkan saat menikah adalah undangan. Budget ini tidak boleh disepelekan begitu saja, karena kalau nggak pinter-pinter memilih, kita bisa tekor hehe.... maksudnya ya milih jenis kertasnya, modelnya, warnanya, dan juga jumlah yang akan dicetak. Semakin banyak jumlah undangan yang kita cetak, ongkosnya akan semakin undangan murah. Kalau semakin sedikit, ya semakin mahal.

Saya hanya mengirimkan desain yang saya buat sendiri dengan CorelDraw, terus saya kirimkan ke percetakan lewat email. Uang ditransfer (beberapa tahap), tinggal tunggu undangan murah jadi, selesai deh! Gampang kan?

Yang perlu dicatat, murah dan mahalnya undangan pernikahan tergantung dari percetakan yang kita pilih. Dari hasil penelitian observasi saya. Dari salah satu toko online, saya membuat undangan sebanyak 900 eksemplar dengan harga satuan Rp.1.800 dengan spesifikasi seperti ini:

- Cetak Full Color

- Laminasi Glossy

- Kertas Ivory/Art Carton 260gr

- Ukuran total 40 x 14.5 cm

- Ukuran lipat 20 x 14.5 cm

- Lipat 2

Harga segitu, udah termasuk plastik dan kartu ucapan terima kasih untuk souvenir plus bonus 50 eksemplar undangan. Murah nggak? Kalau menurut saya sih murah. Saya sudah banding-bandingkan di tempat lain, tapi tak ada satu pun yang lebih murah dari itu.

Oh ya, sebisa mungkin jika ingin membuat undangan pernikahan lewat internet alias online, lakukan 2 bulan sebelum hari H. Ini supaya waktunya tidak terlalu mepet. Waktu proses desain sampai undangan selesai, kurang lebih 3 minggu. Setelah itu, kita masih punya cukup waktu untuk mengetik nama-nama undangan dan menyebarkannya. Jangan sepelekan yang satu ini loh, semakin banyak undangan yang kita buat, akan semakin lama pula kita mengerjakannya.

Oke, sekian dulu tips dari saya yang sudah saya praktikkan sendiri. Selamat berburu undangan murah!

http://caturhp.multiply.com/

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar