6/04/2010

Kiat Aman Membeli Toyota Great Corolla


Toyota Great Corolla (Greco) terkenal dengan mesinnya yang kuat dan bandel. Hampir tidak pernah orang mengeluhkan mengenai performa dan ketahanan mobil bermesin 1.600 cc ini. Tak bisa dipungkiri, Harga Toyota Great Corolla terbilang terjangkau sehingga menjadi primadona mobil bekas dikelasnya. Mobil ini meski dilansir di tahun 90-an namun masih banyak yang mencari sebagai tunggangan sehari-hari. Jika anda ingin membeli Greco, jangan sampai tertipu dengan harga toyota, anda harus tahu titik-titik komponen mana saja yang harus diperiksa agar tidak keluar banyak biaya setelah kendaraan berpindah tangan.

Bodi mulus dan cat kinclong jangan dijadikan patokan, apalagi embel-embel tangan pertama, eks dokter atau bidan sekalipun. Komponen yang harus dipastikan sebelum membuat keputusan untuk menukar dana anda dengan mobil ini adalah :

1. Power Steering

Toyota Great Corolla dikenal paling rentan untuk masalah power steering mengingat usia yang sudah lebih dari sepuluh tahun. Kebocoran sering terjadi karena seal-sealnya mulai mengeras. Jika terlambat di atasi, kerusakan akan merembet ke rack steernya. Asal tahu saja, untuk perbaikan power steering dibutuhkan dana 1 jutaan. Itupun menggunakan part non genuine. Kalau menggunakan part genuine bisa mencapai 3 jutaan. Untuk memeriksanya, cek bagian power steering, apakah ada rembesan minyak power steering di komponen-komponen yang terkait. Juga rasakan apakah ada kelainan saat steer diputar (ada bunyi atau berat). Jika iya, berarti ada tanda-tanda power steering bermasalah.

2. Kaki-kaki


Tie rod dan long tie rod merupakan komponen utama kaki-kaki Toyota Great Corolla yang paling sering mengalami kendala. Jika sudah oblak, maka akan menimbulkan bunyi-bunyi saat melewati jalan yang tidak rata. Steer pun akan terasa liar atau tidak stabil saat dibawa melaju, apalagi kecepatan tinggi. Pastikan anda melakukan test drive terlebih dahulu dengan melewati jalan yang tidak rata dan mencoba kecepatan tinggi (80 kpj sudah cukup).

Rasakan apakah ada kelainan di atas. Meskipun gejala di atas tidak terdengar atau tidak terasa, anda wajib melongok ke komponen tie rod dan long tierod secara langsung. Terkadang ada orang yang curang dengan mengetok bagian ini agar tie rod dan long tie rod agar terasa seret. Namun ini tak akan bertahan lama. Sebagai gambaran, harga Toyota untuk spare part tie rod seharga Rp. 60.000 (non genuine) dan 250.000 (genuine)/biji. Satu mobil perlu 4 biji tie rod, sedangkan untuk long tie rod Rp. 125.000 (non genuine) dan 450.000 (genuine).

Jadi, periksa dengan teliti sebelum anda membeli. Jangan sampai menyesal di kemudian hari. Namun, yang namanya mobil seken atau bekas pasti terdapat kekurangan. Jadi selalu siapkan dana ekstra untuk jaga-jaga perbaikan kendaraan seken yang anda beli. Sebagai tambahan, Harga Toyota Great Corolla tahun 92-06 berkisar antara 60-70 jutaan.

http://tipsotomotif-cingir1.blogspot.com

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar