1/19/2011

Usaha Dari Kripik Pisang



Peluang Usaha - Bila Anda tinggal didaerah yg merupakan penghasil pisang, mungkin Anda bisa mencoba peluang usaha ini. Misalnya saja di Lampung, Keripik pisang sudah menjadi icon oleh-oleh yg paling dikenal. Kalau Anda tertarik dgn peluang usaha kripik pisang ini, berikut sedikit gambaran informasi kripik pisang.

Bahan Baku

Jenis pisang yg dapat Anda olah menjadi kripik pisang adalah pisang ambon dan pisang kepok. Anda bisa mendapatkan jenis pisang tersebut dgn mudah di pasar tradisional di kota Anda.

Usia terbaik pisang untuk diolah menjadi keripik adalah 60 hari. Karena kalau terlalu tua pisang akan berlendir dan jika masih muda, rasanya akan sepat dan kurang manis.

pastikan bahwa pasokan bahan baku untuk pembuatannya bisa terpenuhi. Karena bila tidak, Anda akan kerepotan memenuhi banyaknya permintaan.

Sebagai perbandingan, untuk 2,5 kuintal kripik pisang Anda akan membutuhkan bahan baku pisang sebanyak 1 ton.

Proses Pembuatan & Varian Rasa

Langkah awal pisang diserut alias diiris tipis-tipis. Untuk penyerutan ini, Anda dapat melakukannya dgn alat serut sederhana dan manual, tidak memakai mesin. Dgn cara ini, keripik yg dihasilkan bisa panjang-panjang mengikuti bentuk pisang. Lalu irisan pisang mentah tersebut direndam dalam air gula atau garam sebelum digoreng. Penggorengan hendaknya menggunakan kuali yg besar dgn minyak yg cukup untuk menghasilkan kripiik yg gurih.

Tips: Untuk penggorengan, lebih baik jika menggunakan Minyak kelapa, dan penggunaannya maksimal dua kali menggoreng agar keripik tidak cepat tengik dan bisa tahan hingga 5 bulan.

Setelah proses penggorengan kripik pisang selesai, Anda dapat menambahkan variasi rasa, yaitu dgn pemberian serbuk rasa coklat, keju, asin dan original/manis.

Kemasan

Desain sederhana namun cantik perlu anda kreasikan. Sebagai pemula, untuk menghemat biaya, Anda bisa menggunakan kemasan plastik biasa dgn di labeli merk kripik buatan Anda dgn kertas yg cetakan.

Perkiraan biaya yg Anda keluarkan juga tidak begitu besar, yaitu untuk pembelian plastik dan biaya percetakan kertas untuk beberapa rim saja.

Pemasaran

Pemberian sampel produk gratis untuk di uji coba sangat perlu untuk memastikan cita rasa kripik pisang buatan Anda. Dari situ biasanya akan ada beberapa masukkan dari calon customer mengenai cita rasa. Anda harus merespon dgn cepat dan melakukan beberapa perbaikan bila dianggap perlu. Karena itu sangat mutlak.

Setelah bisa dipastikan bahwa banyak peminat dari kripik pisang produksi Anda, maka Anda bisa mencoba pemasarannya melalui :

  • rekan, kerabat dan kolega Anda,
  • pemasaran ke pertokoan, rumah makan, dan minimarket di sekitar kota Anda.
  • Jika perlu, Anda perlu merekrut agen pemasaran dan juga distributor untuk membantu kegiatan pemasaran.
  • Selain itu, tidak ada salahnya juga bila anda memasang iklan promosi di surat kabar harian lokal di kota Anda
  • Promosi via internet dan situs jejaring sosial, seperti facebook, friendster, twiter dan lainnya untuk mempromosikan secara luas lagi.

Demikian, mudah-mudahan bermanfaat dan Anda dapat terinspirasi dari peluang usaha kripik pisang ini.

sumber: joglohandycraft.wordpress.com

Temukan Info Lain seputar Peluang Usaha

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar