1/31/2011

Tips Mengoptimalkan Usaha Es Cendol


Usaha Kecil- Siapa yg tidak ngiler ketika mendengar kata es cendol? Apalagi ketika berada di bawah panasnya terik matahari menyantap es cendol bisa menjadi pelepas dahaga yg menyegarkan.

Es cendol selain menyegarkan juga mengyegarkan, apalagi ditambah dgn berbagai bahan tambahan yg lain makin menjadikan es cendol bisa menjadi alternatif minuman dikala senggang. Bahan pembuat es cendol sendiri berupa tepung beras yg mengandung karbohidrat, selain itu juga minuman ini mengandung protein dan lemak yg berasal dari santan.



Selama ini kebanyakan penjual es cendol menggunakan media gerobak untuk berjualan. Namun, tidak sedikit juga yg menetap pada suatu lokasi (mangkal) menggunakan gerobak. Lokasi yg selama ini menjadi tempat potensial untuk berjualan es cendol adalah di depan minimarket yg cukup ramai. Karena untuk membuka usaha ini tidak membutuhkan tempat yg terlalu luas, sehingga dgn ‘menumpang’ di tempat-tempat yg potensil bisa menjadi alternatif pilihan.

Perlengkapan dalam membuka usaha kecil es cendol ini antara lain gerobak dorong, kemudian ada ember plastic, stoples kaca untuk wadah cendol, santan, dan gula merah, selain itu juga ada gelas dan sendok secukupnya.

Salah satu resiko dalam membuka usaha kecil es cendol ini adalah sepinya pembeli. Hal ini biasa terjadi akrena salah perhitungan dalam menentukan lokasi. Jika lokasi dirasa cukup potensial tetapi tetap sepi pemblei, maka teknik penetapan harga promosi bisa menajdi salah satu solusi. Sementara resiko persaingan cukup kecil karena belum terlalu banyak yg berjualan minuman ini.

Tips Resep Membuat Es Cendol

Bahan

· 125 gram tepung beras

· 50 gram tepung sagu

· 75 cc air daun pandan/suji

· 450 cc air

· garam secukupnya

Bahan pelengkap

200 gram gula jawa, rebus dgn 125 cc air sampai larut dan kental (sirup gula merah)

500 cc santan dari ½ butir kelapa, peras dgn air matang

Cara Membuat

· Campur tepung beras dan sagu menjadi satu lalu cairkan dgn sebagian air.

· Didihkan sisa air dgn garam dan air daun pandan/suji.

· Masukkan cairan tepung ke dalam air yg sudah mendidih tadi, aduk rata, masak hingga matang dan kental.

· Saring adonan cendol dgn saringan cendol (berbentuk bulat-bulat pada permukaan saringannya) sambil ditekan-tekan sehingga ke luar dalam bentuk bulat pendek-pendek. Tampung cendol yg sudah disaring dalam baskom yg berisi air matang yg diisi es batu. Jika cendol sudah mengeras, saring, sisihkan.

· Cara menghidangkan: masukkan cendol ke dalam gelas, tuang sirup gula merah dan santan. Tambahkan dgn es batu atau es serut.

Analisa Ekonominya Usaha Kecil Es Cendol :

Asumsi

· Waktu pakai gerobak 3 tahun

· Waktu pakai perlatan aneka wadah gentong, ember, dan stoples 2 tahun

· Waktu pakai perlatan makan, minum, dan kompor 2 tahun

Sumber: Bisnisukm.com

Temukan Info Lain Seputar Peluang Usaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar