1/06/2011

Keuntungan usaha Dari Bumbu Masakan


Bumbu masakan menjadi satu bukti baru bahwa segala sesuatu bisa jadi industri kecil bahkan industri besar, jika kita jeli dalam melihat kebutuhan masyarakat sekitar. Banyak para ibu serta pelaku bisnis industri kecil untuk makanan yg selalu menggunakan bumbu masakan dalam setiap menu yg mereka sajikan. Namun tidak semua konsumen ternyata bisa membuat bumbu masakan untuk resep yg ingin mereka masak.

Konsumen

Penjual bumbu masakan instan banyak dicari para ibu rumah tangga, remaja putri, serta para pelaku industri kecil untuk makanan yg membutuhkan bumbu instan untuk mempermudah proses produksi usahanya. Kemudahan yg diperoleh dgn adanya produk bumbu masakan instan ternyata disambut positif oleh para masyarakat, baik masyarakat kalangan menengah maupun masyarakat kalangan atas tertarik dgn penawaran bumbu masakan tersebut.

Info Produk

Produk bumbu masakan instan terbagi menjadi dua jenis yaitu jenis bumbu basah dan jenis bumbu kering. Jenis bumbu bahas biasanya tidak seawet bumbu jenis kering. Contoh bumbu basah antara lain bumbu opor, bumbu soto, bumbu rendang, lombok halus, dan bawang halus, yg sering digunakan para ibu rumah tangga maupun para pelaku usaha catering, rumah makan, dan restoran. Sedangkan bumbu kering biasanya lebih mengarah ke bumbu perasa atau penambah aroma.

Keuntungan usaha

Peluang pasar usaha bumbu masakan masih sangat luas, banyaknya pelaku usaha yg terjun pada bisnis makanan menjadi target pasar empuk bagi pelaku bisnis bumbu masakan. Karena semakin banyak pelaku bisnis makanan, maka semakin banyak pula permintaan bumbu masakan instan yg diminta pasar. Selain itu untuk memulai bisnis ini juga tidak diperlukan modal yg terlalu besar, namun mampu menghasilkan keuntungan hingga 50 % dari omset.

Kekurangan usaha

Dalam usaha memiliki resiko yg menjadi kekurangan dari usaha tersebut, salah satu kekurangan usaha ni yaitu harga bahan baku yg tidak stabil dan cenderung lebih sering harganya naik. Selain itu jika harganya naik, biasanya bahan baku tersebut susah untuk dicari jika ada pun kualitasnya tidak terlalu bagus. Di samping itu, terkadang produk bumbu yg dibuat kadaluarsa sebelum waktunya. Biasanya disebabkan proses produksi yg kurang steril, maupun bahan baku yg kurang bagus.

Pemasaran

Untuk pemasaran bumbu masakan bisa dilakukan dgn menitipkan di toko – toko yg ada di kota Anda, untuk menjangkau konsumen akhir yg biasanya dari konsumen rumahan. Sedangkan untuk menjangkau konsumen industri kecil, dapat dicoba bekerjasama dgn beberapa pelaku usaha makanan seperti usaha restoran, katering, serta produsen camilan yg membutuhkan bumbu perasa untuk produknya.

disamping itu promosi juga bisa dilakukan dgn memasang iklan di media cetak, media elektronik, samapi media online untuk memperluas jangkauan pasar.

Kunci Sukses

Supaya industri kecil ini dapat berkembang, sebaiknya untuk produksi pilihlah bahan baku yg masih segar. Sehingga cita rasa bumbu yg dihasilkan sama dgn bumbu yg baru saja dihaluskan. Selain itu jaga proses produksi untuk selalu dalam keadaan higienis, sehingga keawetan bumbu bisa lebih lama. Untuk kemasan, pilihlah kemasan yg menarik namun juga sehat bagi para konsumen.

Sumber: bisnisukm.com

Temukan Info Lain Seputar Ragam Industri Kecil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar