1/20/2011

Tips Berwirausaha Dgn Bisnis Cemilan



Wirausaha - Siapa yg tidak suka ngemil saat waktu luang datang?? Semua orang menyenangi camilan. Camilan merupakan makanan ringan yg dinikmati sebagai selingan. Orang tidak akan pernah bosan untuk menyantapnya. Camilan bisa bermacam-macam jenisnya, mulai dari camilan buah, makanan kering, sampai keripik. Rasa yg banyak ditonjolkan untuk camilan adalah gurih, asin, manis, dan pedas.

Tidak hanya anak-anak muda saja yg menyenangi camilan tapi juga anak-anak hingga orang tua.Karena penggemar camilan begitu banyak, maka hal ini bisa menjadi peluang Wirausaha yg baik untuk Anda. Ada banyak pilihan dalam menjalankan usaha camilan ini, bisa memproduksi sendiri atau cukup mengemas ulang dan memasarkannya.

Bagi pemula, cara kedua lebih disarankan. Camilan dapat diperoleh melalui supplier. Wirausaha camilan ini bisa dimulai dgn membeli bermacam-macam camilan dalam jumlah besar. Setelah itu camilan tersebut bisa dijual dalam jumlah yg lebih kecil. Usaha camilan ini menguntungkan karena modal yg dibutuhkan tidak terlalu besar, produknya dapat bertahan lama (daya simpan lama), membutuhkan ruangan yg kecil, variasinya banyak serta pengelolaannya yg mudah. Walaupun modal yg dibutuhkan kecil, namun usaha camilan berpotensi menghasilkan keuntungan yg besar.

Hal-hal yg perlu disiapkan dalam memulai bisnis camilan ini adalah:

§ Data supplier camilan yg berkualitas dan harga terjangkau

§ Lokasi

§ Persiapan peralatan dan tenaga

Data supplier camilan yg berkualitas dan harga terjangkau merupakan hal penting karena berhubungan dgn kualitas camilan yg akan dijual. Selain itu perlu diperhatikan juga lokasi penjualan camilan dan persiapan peralatan dan tenaga. Lokasi penjualan merupakan faktor terpenting dalam mempertahankan kelangsungan usaha. Pilihlah lokasi yg dapat dijangkau banyak orang. Kemudian siapkan seluruh peralatan yg dibutuhkan dan tenaga. Beberapa lokasi yg cocok untuk penjualan camilan adalah, daerah kos-kosan, dekat dgn sekolah, dan lain-lain.

Potensi besar bisnis camilan ini tidak hanya terletak pada rasa dan keaneka ragaman saja, namun yg tak kalah menjadi perhatian adalah sang kompetitor. Jika ada kompetitor, maka Anda harus memiliki nilai lebih dalam produk Anda. Misalnya dari segi variasi, harga, atau kualitas yg lebih baik.

Anda juga bisa memperbaiki dari segi layanan terhadap konsumen.Anda juga bisa memberikan sedikit inovasi pada kemasan Anda. Pilihlah kemasan yg aman dan menarik. Kemasan merupakan hal penting karena memberikan image langsung terhadap produk yg dijual.

sumber: Bisnisukm.com

Temukan Info Lain Seputar Wirausaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar