3/25/2011

Bagaimana Perawatan Agar Truck Tokcer


Sewa Truck - Pemilihan truk bisa menentukan kesuksesan suatu usaha. Jenis truk yg tidak tepat, selain mengakibatkan bisnis sewa truck contohnya menjadi tidak maksimal, bisa membuat pengeluaran membengkak karena harus melakukan perbaikan sana-sini. Ujung-ujungnya, bisnis merugi.

Section Head Technical Division PT Toyota Astra Motor Iwan Abdurahman menyatakan, meski tampak sama, sewa truk mempunyai banyak varian yg disesuaikan dgn jenis usaha. Mulai yg berbodi besar hingga yg ringan. "Dgn banyaknya varian, diharapkan pebisnis tidak asal memilihnya," bebernya.

Pemilihan jenis truk bisa didasarkan pada berat beban yg diangkut dan rute yg dilalui. Utk kebutuhan usaha yg membutuhkan pengangkutan barang berat, tentu sebaiknya tidak memilih truk berbobot ringan. Baygkan saja jika truk yg sejatinya utk mengangkut telur diberi beban utk mengusung besi. Jangan heran jika mendapati ban akan lebih cepat gundul, rangka cepat rapuh, dan per mudah patah. Itu bukan salah truknya, tapi salah pemilihannya.

Setelah mendapatkan jenis yg tepat, jangan lupa melakukan perawatan berkala. Merawat sewa truk berbeda dari merawat mobil pribadi (penumpang). Kendaraan komersial itu butuh perhatian ekstra karena dua faktor. Pertama, sebagai andalan usaha, tentu mobilitasnya cukup tinggi. Kedua, rute-rute yg dilewati sering berat ditambah beban yg sarat. Seandal apa pun truk yg digunakan, pemakaian yg diforsir seperti itu akan berefek pada performa.

Fokus utama dalam perawatan truk adalah mesin. Pada kendaraan bermotor, mesin layaknya nyawa pada makhluk hidup. Jika mesin bermasalah, truk bakal susah diajak bekerja. Kesehatan mesin bergantung pada "makanannya", yaitu oli. Pemberian oli harus rutin dgn jenis kekentalan sesuai yg direkomendasikan.

Idealnya, oli diganti setiap 10 ribu kilometer. Namun, sebelum mencapai jarak itu oli sudah diganti, tidak menjadi soal. "Semakin sering oli diganti, memang mesin semakin sehat. Tapi, dari sisi bisnis, biaya yg dikeluarkan lebih besar," timpal Technical Staff PT Toyota Astra Motor Suratman.

Bagian lain yg juga penting adalah pemilihan suku cadang atau spare part. Item ini ibarat organ bagi kendaraan. Meski suku cadang hanya berupa bagian-bagian kecil, jika bagian itu tidak berfungsi dgn baik, kenyamanan bahkan keamanan berkendara bisa terganggu. Karena itu, sebaiknya digunakan suku cadang genuine alias asli keluaran pabrikan masing-masing truk.

Sumber: m.toyota.co.id

Temukan Info Lain Seputar Sewa Truck

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar