7/08/2010

Memilih Kain Batik Sebagai Bahan Baju Batik

Saat anda ingin membeli kain batik untuk digunakan sebagai bahan pembuatan baju batik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda bisa mendapatkan baju batik sesuai dengan harapan & budget Anda.

Berikut tips memilih kain batik sebagai bahan baju batik:

Perhatikan pada jenis kain. Ada beberapa jenis kain yang bisa Anda jadikan bahan pembuatan baju batik misal yaitu Katun (Prima & Primis), Dobi, Viscos, hingga Sutera.

Katun prima kualitasnya berada di bawah katun primis yang lebih halus. Baik katun prima ataupun primis mempunyai tingkatan kain yang berbeda-beda, dari mulai kasar, agak kasar, hingga paling halus.

Sementara dobi bisa dibilang sebagai setengah sutera, ada beberapa tingkatan seperti halnya katun prima & primis dari yang kasar hingga halus, meskipun demikian Dobi memang berciri khas pada tekstur kasarnya, jadi tingkat kehalusan tetap akan dirasa serat-serat yang menonjol.

Untuk Viscos, bahan cenderung licin & jatuh, tampak serat seperti Dobi. Tingkat kehalusan & kelicinannya pun ada tingkatannya.

Sementara untuk Sutera, tentunya termasuk bahan pembuatan baju batik berkualitas tinggi dengan harga pada segmentasi tertentu.

Perhatikan pula motif batik yang Anda pilih dalam perencanaan pembuatan baju batik. Apakah motif batik yang menjadi pilihan Anda adalah motif-motif batik klasik, motif batik modern/ kontemporer, ataukah perpaduan diantara keduanya.

Selain itu, sebaiknya Anda mencari referensi model baju yang akan menjadi patokan pembuatan baju batik Anda.

Yang terpenting adalah, sesuaikan kebutuhan & budget Anda mulai dari pemilihan kain sebagai bahan baju batik hingga berapa biaya jasa tukang jahit yang akan membuat baju batik Anda, agar Anda bisa mendapatkan baju batik sesuai dengan keinginan Anda.

Selamat ber-Baju Batik

artikellama.blogspot.com

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar