4/28/2010

Bijak Dalam Memilih Kredit Tanpa Agunan

Saat ini banyak bank-bank yang menawarkan Kredit Tanpa Agunan. Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan pinjaman perorangan tanpa perlu menyerahkan barang untuk dijaminkan yang harus dilunasi selama jangka waktu tertentu plus bunganya. Jadi sebenarnya KTA ini hampir sama dengan kredit-kredit lainnya, bedanya KTA tidak mensyaratkan adanya agunan (jaminan). Kelebihan lainnya bunganya rendah dan proses untuk mendapatkannya relatif mudah. Biasanya kita hanya perlu menyerahkan slip gaji, NPWP, SIUP, fotokopi tabungan atau rekening koran, serta fotokopi KTP. Ketentuan lainnya adalah harus memiliki pekerjaan atau penghasilan tetap per bulan. Namun ternyata tidak semua kondisi financial cocok menggunakan KTA. Contohnya seperti ini nih…
Untuk Pelunasan Kartu Kredit
Menggunakan Kredit Tanpa Agunan untuk pelunasan kartu kredit bisa jadi pilihan bagus. Karena dengan begitu, kita berpindah dari utang yg besar & tak jelas kapan lunasnya ke bentuk utang yg lebih “aman” baik dari segi bunga maupun jangka waktu. Namun yg perlu diingat, kita sebaiknya tidak menggunakan kartu kredit lagi sebelum KTA lunas terlebih dahulu agar cicilan utang kita tidak menumpuk

Untuk Modal Usaha
Menggunakan KTA untuk modal usaha tergolong berisiko apalagi usaha baru. Namun hal itu boleh dilakukan selama kita bisa memastikan hasil usaha nantinya cukup untuk melunasi cicilan KTA plus bunganya tiap bulan.
Untuk Down Payment Rumah atau Kendaraan
Menggunakan KTA untuk down payment rumah atau kendaraan (mobil/motor) tidak dianjurkan. Karena itu berarti, setelah itu kita harus membayar dua cicilan sekaligus untuk KTA dan cicilan rumah/kendaraan. JIka memang ingin membeli barang2 yg mewahl sebaiknya kita punya tabungan dulu yg cukup.
Untuk Liburan
Liburan termasuk kegiatan konsumtif yg tidak menghasilkan uang tambahan. Jadi sebaiknya tidak menggunakan KTA untuk dana liburan karena sepulang dari liburan kita bisa stress memikirkan cicilan yg harus dilunasi demi sesuatu yg hanya dinikmati beberapa hari. Jika memang ingin refreshing sebaiknya menabung dulu jauh-jauh hari dana khusus untuk liburan.

http://missjilbab.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar