5/12/2011

Mengidentifikasi Peluang Bisnis


Peluang Bisnis - Ratusan ide bisnis bisa didapatkan melalui banyak buku bisnis praktis. Bahkan Anda sendiri pun mungkin cukup kreatif utk membuat catatan pribadi berisi peluang bisnis yg Anda idamkan. Namun, kejelian memilih peluang bisnis yg tepat perlu diasah, caranya?

Harus dipahami dalam industri dikenal adanya kategori produk dan subproduk. Kenali dan analisa mulai dari sini, dan semuanya bisa dipelajari.

Menurut petinggi Holding Company GarudaFood ini, diperlukan alat utk mempelajari peluang bisnis, di antaranya dgn melihat market size atau pangsa pasar. Seberapa besar potensi pasar dari bisnis yg akan dijalankan? Hal lain yg juga perlu diperhatikan adalah besar-tidaknya tingkat pertumbuhan volume dan nilai dari bisnis.

Bisnis makanan, misalnya. Saat banyak sekali produk makanan sejenis yg ditawarkan, pebisnis pemula harus mengerti betul kebutuhan pelanggan.

Yg penting utk diperhatikan dalam memahami kebutuhan pelanggan di antaranya:

· Memenuhi kebutuhan dasar pelanggan. Menjual produk makanan yg merupakan kebutuhan dasar akan lebih menghasilkan.

· Memenuhi keinginan pelanggan, karena pelanggan mendapati nilai tambah dari produk yg ditawarkan. Unsur kepuasan pelanggan harus terpenuhi

· Memenuhi kebutuhan pelanggan akan kepuasan. Pada akhirnya, kepuasan pelanggan akan menentukan kesetiaan mereka terhadap produk.

· Memahami struktur ndustry, dgn mengenali karakter ndustryr dan membandingkan produk yg ada. Terlalu merasa paling hebat juga tidak sepenuhnya baik dalam ndustry makanan. “Jangan terlalu ge-er dgn produk sendiri, perbandingan tetap perlu,” papar Sudhamek.

Sumber: kompas.com

Temukan Info Lain Seputar Peluang Bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar