7/13/2011

Mendapatkan Kucuran Modal Untuk Usaha Kecil dan Menengah


Usaha Sampingan - Dalam menjalankan sebuah usaha, salah satu faktor pendukung yg dibutuhkan adalah modal. Jika kita ibaratkan memulai usaha dgn membangun sebuah rumah, maka adanya modal menjadi bagian pondasi dari rumah yg akan dibangun. Semakin kuat pondasi yg dibuat, maka semakin kokoh pula rumah yg Anda bangun.

Ada beberapa alternatif yg dapat Anda gunakan utk mendapatkan dana usaha, berikut informasi selengkapnya :

Dana sendiri

Pertama Anda bisa memperoleh modal usaha dgn menggunakan dana Anda sendiri. Misalnya saja dgn menggunakan dana simpanan yg sudah Anda tabung selama ini. Jika masih kurang, Anda juga bisa menutupi kekurangan dana tersebut dgn menjual sebagian aset berharga yg Anda miliki saat ini. Tidak ada salahnya kan, jika Anda sedikit berkorban utk kesuksesan bisnis Anda? Anggap saja Anda sedang berinvestasi utk mendapatkan keuntungan yg lebih besar, setelah usaha Anda berhasil berjalan.

Mencari Dana Hibah

Cara yg kedua yaitu bisa saja kita manfaatkan dana-dana pihak ketiga, dalam hal ini pihak pemerintah atau pihak swasta. Sebagaimana kita tahu, utk beberapa perusahaan-perusahaan besar dana hibah ini disalurkan melalui Divisi CSR-nya (Corporate Social Responsibility). Dalam hal ini perusahaan-perusahaan tersebut bisanya memiliki budget atau anggaran dana tersendiri dalam membangun perekonomian masyarakat disekitar perusahaan atau masyarakat secara umum. utk teknis penyaluran dananya biasanya melalui event-event competition.

Menjalin kerjasama

Cara yg ketiga ini yg sekarang banyak dijalankan, yaitu menjalin kerjasama dgn pihak-pihak tertentu. Seperti bekerjasama dgn teman, atau bisa juga menawarkan kerjasama dgn para investor. Yg perlu diperhatikan dalam menawarkan kerjasama, Anda harus meyakinkan rekan Anda mengenai prospek bisnis yg akan dibangun. Anda bisa menggunakan proposal bisnis, utk meyakinkan calon investor Anda. Berikan pula keterangan mengenai berapa persen pembagian hasil antara investor dan pelaku usaha kecil, jangan lupa harus ada hitam di atas putih.

Semoga Bermanfaat

Sumber: wolipop.com

Info Terkait:

Usaha Sampingan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar