7/07/2011

Furniture yang Cocok untuk Rumah Minimalis


MEMILIH furniture yang tepat untuk gaya hunian Anda, membuat bangunan lebih berkarakter. Untuk rumah minimalis tropis, desain yang simpel dan tak banyak ornamen bisa menjadi pilihan.

Rumah minimalis tropis adalah gaya arsitektur hunian yang banyak diminati saat ini. Desain yang simpel, bersih, dan tidak menampilkan banyak ornamen kerap dijumpai pada bangunan rumah bergaya minimalis. Adapun ciri khas rumah tropis, dapat dilihat dari halaman rumah yang asri dan jendela-jendela yang lebar sebagai ventilasi, tapi tetap dengan gaya bangunan yang simpel.


Lantas bagaimana dengan pemilihan furniturenya? Agar selaras dengan konsep keseluruhan desain bangunannya, tentu saja furniture yang dipilih di rumah minimalis tropis harus juga yang simpel dan minim ornamen.

"Yang paling utama dan dicari dari furniture di rumah bergaya minimalis tropis adalah segi fungsionalnya," sebut desainer interior R Sastyhartanti yang biasa disapa Tanti.

Praktis dan fungsional memang identik dengan kehidupan modern saat ini, termasuk dalam desain sebuah furniture di rumah minimalis tropis. Memaksimalkan fungsi furniture yang ada menjadikan rumah minimalis Anda lebih simpel karena tidak terlalu banyak furniture yang hanya dijadikan pajangan.

Selain itu, Tanti mengatakan, bentuk furniture di rumah minimalis tropis cenderung lebih simpel dengan presisi yang tegas. "Jadi tidak mengedepankan kekayaan detail," ucap desainer dari Grahacipta Hadiprana ini.

Walau minim detail, desain sambungan pada furniture harus sempurna. Hal ini diakui arsitek Setiyo Pambudi. Bahan-bahan material yang berkesan hi-tech seperti alumunium atau kaca kerap menjadi pilihan selain kayu untuk furniture di rumah bergaya seperti ini. Bahan material tersebut dipilih karena perawatannya relatif mudah.

Furniture dari bahan rotan dengan desain yang lebih modern juga ikut menghiasi rumah minimalis tropis ini. Walaupun ada di rumah modern, furniture juga tak mau ketinggalan terbuat dari bahan alam. Apalagi sekarang banyak produsen furniture menciptakan furniture "rotan-rotanan". Jadi, bukan terbuat dari rotan asli melainkan menggunakan bahan substitusi sintetis seperti aluminium yang didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai rotan asli.

Soal warna, furniture warna apa pun sebenarnya dapat dipadu-padankan dalam rumah minimalis tropis. "Jadi, sekalipun warnanya ngejreng tidak masalah," ucap Setiyo, pemilik Arsicraft Design.

Warna mencolok pada satu jenis furniture saja justru akan menjadi vocal point dalam sebuah ruangan minimalis. Walau begitu, warna-warna basic dan solid color masih menjadi favorit untuk mendandani rumah bergaya ini karena warna-warna tersebut memberi kesan sederhana dan netral.

"Warna-warna cokelat, putih,warna yang tua, dan warna abu-abu yang sekarang sedang tren menjadi warna furniture yang banyak diminati," ucapnya.

Tanti menambahkan, sejumlah motif pada kain sofa juga dipilih motif yang sesimpel mungkin. Jika Anda ingin membeli atau mengganti furniture baru, tetap perhatikan komposisi warna secara keseluruhan dan jangan terlalu banyak warna atau corak. Ukuran furniture di rumah minimalis tropis cenderung tidak gigantis.

"Ukurannya disesuaikan dengan fungsi dari furniture itu sendiri," ujar Tanti yang tergabung dalam Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII).

Hal ini disebabkan untuk menciptakan ruang yang lapang agar kesan minimalis lebih menonjol. Oleh karena itu, kemaksimalan pemanfaatan furniture menjadi hal yang harus diperhatikan untuk efisiensi. Untuk Anda yang bergaya hidup modern dan praktis, pilihlah furniture yang tidak memerlukan banyak perawatan tapi tahan lama.
(sindo//tty/okezone)

Artikel Terkait: Tips Pasang Iklan Property Gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar