10/29/2010

Atruran Mengikuti Ujian Sim A/C Di Jakarta


Polri kini jauh lebih baik mekipun dengan beberapa catatan, baik salah satunya terlihat membaik adalah saat Pembuatan SIM C baru di Pusat Layanan SIM Daan Mogot. Prosesnya cepat dan total biaya yang dibtuhkan adalah sebesar 125.000, persis sama dengan yang terpampang di website Ditlantas Polri

Biaya Pembuatan SIM C di Jakarta tahun 2010

Biaya Pembuatan SIM baru: 75.000 (berkuitansi, dibayarkan di Bank BRI)

Asuransi : 30.000 (berkuitansi)

Kesehatan : 20.000 (berkuitansi)

Administrasi : 10.000 (optional)

Sewa Motor : 5.000 (optional)

Dompet : 5.000 (optional)

Total : 145.000,-

Tips mudah lulus ujian Pembuatan SIM A/C

Sedikit tips bagi yang ingin mengurus SIM C ataupun SIM A di Daan Mogot.

1. Datang pagi-pagi

Usahakan datang sebelum jam 8.00 pagi. Jangan lupa membawa alat tulis pinsil dan pulpen (bisa beli seharga Rp 2000). Juga jangan lupa membawa fotokopi KTP 4 lembar (bisa juga fotokopi ditempat seharaga Rp 2000). Pembuatan sim.

2. Test kesehatan

Langkah pertama adalah test kesehatan (mata), segera menuju tempat test kesehatan. Atau bila bngung, segera hubungi bagian informasi, atau polisi yang bertugas dibagian depan pintu masuk untuk mengetahui tahapan pengurusan test. Biaya 20.000. Hampir dipastikan test kesehatan ini lulus.

3. Bayar-bayar

Pembayaran meliputi, biaya pembuatan SIM baru dan asuransi seperti diatas

4. Test teori

Test teori terdiri dari 30 soal dengan minimum score 18. Untuk tiap jenis SIM soalnya berbeda dan ada 9 variasi untuk masing-masing SIM A, B dan C. Test teori ini merupakan saringan pertama. Beruntung, saya bisa lulus setelah dua kali mencoba, pasalnya banyak teman-teman yang hingga 6-8 kali mencoba test teori dan masih gagal. Menariknya, Polri langsung memberikan remedial test saat itu juga, sehingga tidak perlu menunggu hingga 14 hari. Namun bila remedial test gagal, maka kita hanya diperbolehkan mengulang 14 hari berikutnya.

Soal terdiri dari 2 tipe, hafalan dan analisa. Hafalan seperti, berapa usia minimum mendapatkan SIM C, apa arti rambu, soal tipe hapalan ini merupakan penyumbang score terbesar. Tipe kedua adalah analisa, sekitar 30% rasa-rasanya adalah analisa seperti kendaraan mana yang harus maju duluan, kendaraan mana yang harus menunggu. Soal tipe analisa ini cukup membingungkan.

5. Test praktek

Untuk test motor, ada 6 track yang harus dilalui: Angka delapan, Zigzag, Berjalan-Berhenti/rem dan putaran U. Pengalaman test kemarin, penguji hanya mewajibkan test ke 6 yang tersulit, yaitu putaran U pada jalan sempit. Untuk test praktek ini bila gagal tidak ada remedial test langsung seperti test teori. Kita diperbolehkan mengulang setelah 14 hari.

Untuk test mobil, (agak lupa 2 tahun yang lalu nih) antara lain berhenti di tanjakan, parkir paralel

6. Foto, Sidik Jari, Cetak Kartu

Nah untuk tahapan ini juga Polri semakin baik. Proses pengurusan foto, sidik jari dan cetak kartu sangat cepat. Hampir tidak ada waktu untuk menunggu. Rasa-rasanya hari itu jumlah pemohon SIM juga cukup banyak tapi proses tetap bisa berlangsung cepat. Pembuatan SIM.

Sumber: priandoyo.wordpress.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris


Mahalnya Biaya Jasa Pengacara Untuk Perkara Perceraian


Sebenarnya pengacara atau jasa hukum tidak boleh mengiklankan dirinya di suatu media massa, baik di koran, majalah, tv dan sejenisnya. Hal tersebut melanggar kode etik profesionalisme ke-pengacara-an. Namun dalam bahasan ini perlu dikemukakan biaya pasaran penggunaan jasa hukum seperti jasa pengacara untuk perkara perceraian. Dianggap perlu diinformasikan berapa biaya pengacara perceraian karena pada umumnya orang yg menghadapi perkara perceraian ingin menggunakan jasa pengacara namun sering terkendala akan tingginya biaya jasa pengacara. Jasa hukum.

Jasa hukum seperti Jasa pengacara cenderung mahal bagi orang yg berbudget minim karena jasa pengacara bisa 10 kali lipat lebih dari biaya pendaftaran perkara gugatan di pengadilan. Kenapa biaya jasa pengacara mahal? Karena mereka adalah pakar dalam bidangnya dan umumnya bekerja secara kelompok (team).

Di sisi lain, perlu dipahami bahwa suatu jasa hukum seperti jasa pengacara umumnya ditentukan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut:

* Biaya gaji para pegawainya

* Biaya operasional kantornya (sewa kantor, kertas, tinta, printer, listrik, pulsa, dll)

* Biaya transport. Jika pengadilan yg memproses perkara cerai jaraknya jauh dari kantor si pengacara maka tentu pengaruh terhadap biaya tranportasinya, mengingat si pengacara akan sering bolak-balik sampai 10 kali sidang ke pengadilan...

* Waktu & tenaga si pengacara. Pergi bersidang tentunya memakan waktu berjam-jam, bahkan umumnya disaat ia pergi bersidang waktunya akan habis 1 hari penuh hanya untuk kepengurusan 1 sidang perkara cerai. Selain itu perlu diingat bahwa 1 perkara cerai umumnya dilalui 8-10 kali tahapan sidang. Dan 1 proses perkara cerai umunya selesai dalam waktu 4-5 bulan. Dibutuhkan rencana dan ketelitian yg tinggi dalam menghadapi suatu perkara perceraian. jasa hukum

* Ilmu. Para pengacara adalah para profesional murni yg (seharusnya) handal dan pakar pada bidangnya tersebut. Oleh karena itu jika suatu perkara cerai ditangani oleh jasa hukum seperti pengacara maka selayaknya-lah si pengacara memberikan servis dan strategy perkara yg terbaik bagi klien-nya. Suatu ilmu tentu tidak dapat dihargai dengan apapun apalagi dengan uang, ilmu merupakan bekal dan modal yg dicapai oleh seseorang. Jasa hukum.

Tips dan trik dalam menyewa (meng-hire) jasa hukum seperti pengacara, yg terpenting adalah carilah pengacara yg spesialis pada satu bidang hukum. Ingat! bidang hukum itu sangat banyak, sma halnya seperti kedokteran, ada bidang internist, THT, syaraf, gigi, mata dll, oleh karenanya ada dokter spesialis internist, THT, syaraf dll-nya. Begitpun dalam dunia jasa hukum seperti ke-pengacaraan, ada pengacara saham, pengacara pajak, pengacara perusahaan, dll.

Dalam masalah perceraian maka carilah pengacara yg menguasai hukum keluarga atau perceraian.

Sumber: konsultasi-perceraian.blogspot.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris


Biro Hukum Belum Maksimal


Biro Hukum Sekretariat Daerah Maluku dinlai belum menunjukkan etos kerja maksimal dan tidk memiliki komtmen kuat dalam mengsulkan rancangan peraturan daerah ke legislatif.

“Setelah setahun pelantikan angota DPRD Maluku bersama seluruh alat kelengkapannya, target menelorkan 20 Perda lewat Badan Legislatif (Banleg) tidak terealisasi,” kata Ketua Fraksi Golkar DPRD Maluku, Ampy Malioy, di Ambon, Kamis.

Menurut dia, target tersebut bisa dikatakan tidak tercapai atau jauh dari yang diharapkan, terbukti dari jumlah perda baru yang ditetapkan dewan hanya lima dari 20 usulan ranperda yang disampaikan eksekutif.

Hal itu membuktikan Biro Hukum sebagai kordinator penyusunan Ranperda dari seluruh Satuan Perangkat Daerah (SKPD) pada perangkat organisasi daerah sangat lemah dan lamban bekerja.

Biro hukum Tidak menunjukkan etos kerja dan komitmen yang kuat,” tandasnya.

Ampy Malioy menyatakan, kinerja yang ditunjukkan Biro Hukum Setda Maluku itu tidak efektif dan efisien serta terkesan adanya pemborosan terhadap anggaran daerah.

Di samping itu, Pemprov Maluku perlu meningkatkan pengawasan terhadap kinerja pimpinan SKPD dan melakukan evaluasi yang objektif.

Ketua Banleg DPRD Maluku, Lutfi Sanaky mengatakan, legislatif bersama eksekutif telah menetapkan lima Perda baru tanggal 28 September 2010 yang mengatur tentang musrenbang, pajak bahan bakar kndaraan bermotor, pajak air permukaan, pajak kendaraan bermotor dan pajak bea balik nama kendaraan bermotor.

“Banleg juga sedang bekerja maksimal untuk menyelesaikan empat ranperda baru yang sementara digodok,” katanya. Biro hukum.

Sementara sekretaris komisi B DPRD Maluku, La Ode Salimin mengakui, pihaknya sedang mempersiapkan usulan Ranperda insiatif ke Banleg untuk diselesaikan dlam waktu dekat ini dan ditetapkan sebagai Perda.

Sumber: www.antaramaluku.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

BMT Lembaga keuangan mikro syariah


Tidak Semua Baitul Mal wa Tamwil (BMT) yang beroperasai sebagai lembaga keuangan mikro syariah relatif masih banyak yang belum berbadan hukum, lembaga hukum. menurut data catatan Pinbuk, yang disampaikan oleh Amin Azis, BMT yang berbadan hukum atau lembaga hukum.baru sekitar 1347 unit dari 3500 BMT yang tersebar di Indonesia. Dari 1347 unit BMT tersebut berbadan hukum koperasi atau Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS).

Menurut kelasnya BMT yang belum berbadan hukum termasuk lembaga keuangan mikro (LKM) Non-Bank dan Non-Koperasi yang termasuk sebagai lembaga keuangan mikro non-formal yang belum memiliki status hukum yang jelas. lembaga hukum

Menurut data tersebut, BMT yang selama ini beroperasi pada wilayah mikro sebaiknya berbadan hukum koperasi. Seperti halnya yang lain yang telah berbadan hukum koperasi. Kejelasan kelembagaan BMT ini akan mendorong perkembangannya secara cepat, karena dapat beroperasional secara jelas. lembaga hukum

Kementerian Koperasi dan UKM pun telah menghimbau BMT untuk segera memilih apakah akan berbadan hukum koperasi atau perbankan. Demi mendorong perkembangan yang lebih baik, mengingat selama ini BMT telah membantu mengembangkan usaha mikro dan usaha kecil. Jika BMT memilih berbadan hukum koperasi Kementerian Koperasi dan UKM dalam sambutannya pada BMT Summit 2010 pada 22 Oktober 2010 yang lalu menyampaikan kesiapannya untuk mendorong dan membina BMT sebagai lembaga keuangan mikro yang berbadan hukum koperasi. lembaga hukum.

Disisi lain Eri Sudewo, saat memberikan materinya dalam Temu Nasional LKM di Smesco pada tanggal yang sama (22 Oktober 2010), mengatakan sebaiknya BMT berbadan hukum koperasi, bukan perbankan. Karena, selama ini BMT bergerak dan berkembang sebagai pelayan usaha kecil dan mikro, sehingga tidak sesuai jika harus berbadan hukum bank.

Sumber: www.pkesinteraktif.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Tata Cara Pendirian Badan Usaha


Tidak semua bentuk usaha ber badan hukum. Yang msuk kategori badan hukum adalah : PT, yayasan, koperasi, bumn dan bentuk badan usaha lain yang anggaran dasarnya disahkan oleh Menteri dan diumumkan dalam berita Negara. NV atau “Namlooze Venotschap” adalah nama lama dari Perseroan Terbatas yang sekarang istilahnya tidak dipergunakan lagi, sedangkan UD, PD, Firma dan CV bukanlah badan hukum.

Tahapan Pendirian Badan Usaha

Perzinan pembuatan badan usaha perlu dirancang agar dalam pelaksanaan kegiatan, para pelaku dunia usaha menyadari akan tanggung jawab dan tidak asal dalam melakukan praktik kerja yang dapat merugikan orang lain atau bahkan Negara. Peraturan perizinan memliki mata rantai prosedur yang panjangnya bergantung pada skala perusahaan yang akan didirikan. Badan hukum Adapun yang menjadi pokok yang harus diperhatikan dalam hubungannya dengan pendirian badan usaha ialah :

1. Tahapan pengurusan izin pendirian

Bgi perusahaan skala besar hal ini menjadi prinsip yang tidak boleh dihilangkan demi kemajuan dan pengakuan atas perusahaan yang bersangkutan. Hasil akhir pada tahapan ini adalah sebuah izin prinsip yang dikenal dengan Letter of Intent yang dapat berupa izin sementara, izin tetap hinga izin perluasan. Untk beerapa jenis perusahaan misalnya, sole distributor dari sebuah merek dagang, Letter of Intent akan memberi turunan berupa Letter of Appointment sebagai bentuk surat perjanjian keagenan yang merupakan izin perluasan jika perusahaan ini memberi kesempatan pada perusahaan lain untuk mendistribusikan barang yang diproduksi.

2. Tahapan pengesahan menjadi badan hukum

Tidak semua badan usaha mesti ber badan hukum. Akan tetapi setiap usaha yang memang dimaksudkan untuk ekspansi atau berkembang menjadi berskala besar maka hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan izin atas kegiatan yang dilakukannya tidak boleh mengabaikan hukum yang berlaku. Izin yang mengikat suatu bentuk usaha tertentu di Indonesia memang terdapat lebih dari satu macam. Adapun pengakuan badan hukum bisa didasarkan pada Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD), hingga Undang-Undang Penanaman Modal Asing ( UU PMA ).

3. Tahapan penggolongan menurut bidang yang dijalani.

Badan usaha dikelompokkan kedalam berbagai jenis berdasarkan jenis bidang kegiatan yang dijalani. Berkaitan dengan bidang tersebut, maka setiap pengurusan izin disesuaikan dengan departemen yang membawahinya seperti kehutanan, pertambangan, perdagangan, pertanian dsb. Badan hukum.

4. Tahapan mendapatkan pengakuan, pengesahan dan izin dari departemen lain yang terkait Departemen tertentu yang berhubungan langsung dengan jenis kegiatan badan usaha akan mengeluarkan izin. Namun diluar itu, badan usaha juga harus mendapatkan izin dari departemen lain yang pada nantinya akan bersinggungan dengan operasional badan usaha misalnya Departemen Perdagangan mengeluarkan izin pendirian industri pembuatan obat berupa SIUP. Maka sebgai kelanjutannya, kegiatan ini harus mendapatkan sertifikasi juga dari BP POM, Izin Gangguan atau HO dari Dinas Perizinan, Izin Reklame, dll.

Sumber: jasaonline.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Jasa Penyalur Pembantu Rumah Tangga


Usaha menyalurkan pembantu rumah tangga (PRT) tumbuh makin pesat. Meski skala usaha tak begitu jor-joran, tapi tak pernah sepi peminat. Ini sesuai dinamika sosial-ekonomi masyarakat, khususnya yang di kota-kota besar. Aturan Hukum.

Kegiatan penyaluran PRT yang sedang Anda tekuni masih bersifat informal. Agar lebih terorganisir secara hukum dan profesional, serta menilik aspek permodalan dan lingkup usaha, ada baiknya Ibu membentuk badan usaha perseorangan, atau firma, atau CV. Jadi bukan mendirikan yayasan. Aturan hukum.

Disebabkan bisnis dilakoni di Jakarta, maka sesorang harus mencermati dan mematuhi ketentuan hukum yang terkait. Sebut saja, Perda Nomor 11/1988 tentang Ketertiban Umum dalam wilayah DKI Jakarta. Pasal 19-nya mengatur larangan penyaluran PRT tanpa izin tertulis Gubernur. Supaya kepastian dalam usaha, anda harus mengurus perizinan setelah membentuk badan usaha. Permohonan izin dapat diajukan ke kantor Disnakertrans DKI Jakarta dengan melampirkan antara lain fotokopi dari akta pendirian (jika ada), KTP, NPWP pendiri, persetujuan linkungan, pasfoto pendiri, dan menyerahkan pernyataan taat peraturan yang berlaku. Setelah studi kelayakan, dan syarat dinyatakan lengkap ijin penyaluran PRT dabat diterbitkan.

Sedang dalam kontrak dengan PRT, aspek hukum yang paling esensial adalah soal asal-usul PRT dan pihak (keluarga) yang menjamin PRT. Selain harus cermat diteliti, anda pun perlu menambahkan syarat keterangan kelakuan baik dari Polisi tempat asal PRT. Selain akan bermanfaat melindungi anda, syarat itupun dapat mendongkrak ketenangan bagi majikan mempekerjakan PRT.

Sesuai posisi anda yang cuma sebagai penyalur PRT, saran kami, tak ada syarat kerja yang perlu diprioritaskan dalam kontrak dengan PRT. Ini sesuai dengan hubungan kerja sesungguhnya, yaitu antar PRT dan majkan. Selamat berusaha dan sukses kiranya.

Sumber: www.majalahduit.co.id

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Survival Guide - Managing Stress

Banking, accounting, Employment

Bookmark                                 and   Share


Organize its work to combat stress


In small doses, stress pushes us to excel. Work overload can cause stress, however, harmful to health. Here are some tips to make your life easier.

1. Do the most difficult tasks first. If you put off until later, a difficult task or unpleasant it will bother you, even if it is just a phone call. By cons, once the task, your mind will be released.

2. Bring order to your tasks and folders. "When we're busy, we forget. Therefore write all your task in a diary, clearly indicating the priorities of the day, "says Charbonneau. It is also important to classify documents. "Some people lose only five hours a week looking for records." To avoid this situation, make a big household every two weeks, or a smaller every day.

3. Do not be too perfectionist. As your boss impose tight deadlines, it is rarely possible to refine your work until absolute perfection. We need to know to allocate a realistic time for each task.

4. Respect your limits. If the boss assigns you a task while you're already overwhelmed, show him your schedule. Let him decide whether this new request is more urgent than your other responsibilities.

5. Give yourself small pleasures. When your concentration decreases after an hour of work, you often take short breaks. You can just look outside, to breathe fresh air or eat a piece of chocolate! Also apply this principle to your holiday. "Instead of taking a month each summer, divide your weeks of vacation during the year," says Charbonneau. So you'll have a short-term goal, which helps to manage stress and maintain their enthusiasm for work.

How to expand your network

Banking, accounting, Employment

Bookmark                                and   Share


Today knowledge intelligently expand his circle of relations is no longer the monopoly of seasoned networkers but also the fact that everyone, through situations of everyday life.

Opportunities not to miss method to approach your target contacts, not to make mistakes ... Here are tips to enrich their address book. A significant weapon at a time when you may need to meet the challenges of a job search or starting a business.
Expand its network

Today knowledge intelligently expand his circle of relations is no longer the monopoly of seasoned networkers but also the fact that everyone, through situations of everyday life.

Opportunities not to miss method to approach your target contacts, not to make mistakes ... Here are tips to enrich their address book. A significant weapon at a time when you may need to meet the challenges of a job search or starting a business.


Be ready at all times

It must be borne in mind that any situation can be an opportunity to enlarge its network. Travel, meals, parties and a fortiori, conferences are so many opportunities available to you. To not let your opportunity gone with the wind, always think that you must have business cards. When we meet someone, and we don't have business card is actually harmful. In 90% of cases, when you do not have your own business card, then you meet people you said you will send it, but the fact you do not send your card. It's huge mistakes. Prepare your self to have your own business card.


Decompartmentalise personal and professional relationships

People tend to separate their personal from their professional relationships and it is a mistake. Do not hesitate to open up the personal and professional relationships. Share your interests with your professional relationships. by collaborating your personal and professional life, you can open doors unsuspected, the personal circle can become a relay exceptional.


Establish your image as an expert

One way to integrate your self related to your workplace is to establish your image as an expert in the field where you have jurisdiction. The way can be done by participating in discussion circles, intervening in seminars or conferences, exchanging on expert forums .

If such an activity can quickly become time consuming, both in terms of travel or time spent on the blogosphere, it is nevertheless an excellent showcase and therefore an ideal way to meet new people, increase their network quality.

Survive from fire

Banking, accounting, Employment

Bookmark                               and   Share


A storm of 23 inches of snow, a blue-collar walkout in rush hour and three lives sadly cut short by plow trucks. No doubt Luis Miranda had a hellish first week as the new head of clearing snow from the city of Montreal in January. This is called a baptism of fire!

"It was a difficult time," recalls Luis Miranda, a few months after the storm. "I had to manage both the crisis priority is to ensure that snow removal, settling the question of disengagement and react to tragic accidents, and at the same time managing the media crisis. But I do not regret having accepted the position. I am a former firefighter, so I used to put out fires! "He also had the advantage of knowing the inner workings of the workplace: Luis Miranda is active in municipal politics for 20 years.


It is different for a worker just arrived in an organization, without the slightest mark. "A new employee has not yet had the time to understand the context of the organization and to make allies in house", explains Sylvie Lepage, a human resources consultant in HR Innovation in Laval. It is therefore ill-equipped to cope with a crisis.

The response to a baptism of fire may nevertheless be crucial. "There will inevitably be judged on how we cross the first storm, and our colleagues will discover our strengths and weaknesses," says Martine Lemonde, guidance counselor and director of professional services at Brisson Legris, revealing potential. "Get off in a panic in the office of the boss or colleagues to show that we lose the pedals can be dangerous," she adds. Left and the recollection may be very difficult to erase. "

Play Fair
You are just arrived in office and you must struggle with a crisis of public relations, a crucial project that derail or a major customer is dissatisfied with the services rendered?

Above all, do not sweep problems under the rug. "In at least 80% of organizations in crisis, someone has made matters worse by hiding the problem or trying to settle with inadequate solutions," warns Richard Thibault, consultant and author of How to manage the next crisis . "In a new job, he must accept that not all of the talent nor the secrets, he connects. It is possible that a situation arises that is beyond our powers. "

This is exactly the fact that Rebecca (who prefers to conceal his name) had to do last year. Now producing web advertising agency, she cut her teeth as project manager in a production interactive. Three days after her arrival, she found herself at the head of a major electronic banner for the primary client of the firm.

"The client fired on me super urgent requests with full technical specifications and I had no idea what he was talking to me! I had no experience in web production and I was completely lost, "she says.

Distraught, she played the card of humility. "I told my boss that I frankly feel that the client had spoken Chinese. I promised to do everything to accomplish the required tasks, but I would not be surprised if that ever I was planting. "She avoided the disaster by spending his evenings reading to acquire knowledge which accelerated missing.

Without necessarily advocating overtime, Martine Lemonde applauds the attitude of Rebecca. "Unless the top of the company, it can be very useful to go see his boss and say" I do not know how to handle this problem, '"she believes.


10/28/2010

Lemahnya Investigative reporting Pada Wartawan Indo


Reporting berasal dari bahasa Latin reportare, artinya “membawa pulang sesuatu dari tempat tempat lain”. Investigative berasal dari kata Latin vestigum, yang berarti “jejak kaki”. Jadi, Investigative reporting atau Investigasi Masalah secara harfiah berarti “membwa pulang jejak kaki dari tempat lain”.

Wartawan penyelidik itu bukan orang di belakang meja, dia harus turun ke lapangan mencri dan menggali dan meng investigasi masalah. Wartawan harus GOYAKOD alias get off your ass, knock on door! Seperti detektif, dia harus mengungkap apa yang tersembunyi. Dia harus membkin terang apa yg gelap dan ditutup-tutupi. Dia harus membongkar setiap udang dibalik batu. Mencari fakta dibalik berita.

Oleh karena itu, investigative reporting atau Investigasi Masalah merupakan kegiatan peliputan untuk mencari, menemukan, dan menyampaikan fakta-fakta adanya pelanggaran, kesalahan, penyimpangan, atau kejhatan yang merugikan kepentingan umum dan masyarakat.

“Investigative reporting adalah pekerjaan membuka pintu dan mulut yang tertutup rapat,” kata ahli komunikasi William Rivers.

Investigative reporting atau Investigasi Masalah bertujuan mulia, yaitu memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui (people right to know) dari apa yang dirahasiakan oleh pihak-pihak lain yang merugikan kepentingan umum.


Investigative Reporting atau Investigasi Masalah di Indonesia

Harian Indonesia Raya (1949-1958 dan 1968-1974) merupakan koran pertama di Indonesia yang mengembangkan dengan serius liputan investigative. Berbagai berita yang disuguhkannya sering mencerminkan sikapnya untuk “berjihad” menentang apa saja yang dipandangnya sebagai korupsi, penyalahgunaan kekuasaan, ketidakadilan dan ketidakbenaran, serta feodalisme dalam sikap. Wartawan-wartawan Indonesia Raya yang dipimpin oleh Mochtar Lubis ini betul-betul melakukan amar maruf nahi mungkar.

Salah satu liputan investigasi Indonesia Raya adalah mengungkap korupsi besar-besaran di Pertamina. Bukan itu saja, pelbagai skandal, konflik, manipulasi, yang terjadi di berbagai kementerian pemerintahan diungkap. Bahkan, pernikahan diam-diam Presiden Soekarno dengan Hartini masuk dalam laporan investigative mereka. Indonesia Raya, lewat laporan investigasinya berusaha “melwan kekuasaan yang dianggap bertanggungjawab atas keburukan yang terjadi di masyarakat”.

Berbeda dengan sekerang, Media di Indonesia, bukannya melakukan investigative reporting terhadap kasus-kasus korupsi, melainkan baru pada tahap reporting _disibledevent="on">Indonesia masih sedikit sekali menyediakan laporan mengenai korupsi, kolusi dan penyimpangan lain, yang betul-betul merupakan hasil penyelidikannya sendiri.

Contony , media di Indonesia masih sebagai pemandu sorak (cheerleaders) atau corong pengeras suara (megaphones) dari kelmpok anti-korupsi atau aparat yang menangani kasus korupsi. Media belum bisa menjadi sopir yang berada di depan dan mengndalikan agenda, melainkan baru sebagai penmpang yang duduk di belakang aksi anti korupsi.

Sumber: nurul.blog.undip.ac.id

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Promosi Untuk Asuransi Kerugaian


Persaingan di bisnis asuransi kian ketat. Berbagai cara dilakukan perusahaan asuransi untuk menrik nasabah. Selain mengenalkan produknya lewat berbagai promosi, banyak perusahaan yang mengemas produk baru agar masyrakt semakin berminat menginvestasikan dananya ke asuransi. Salah satu produk yang tampaknya akan menjadi andalan perusahaan asuransi adalah asuransi kerugian spesialis.

Hampir pasti semua orang mengkhawatirkan bencana alam itu. Masih lekat dalam ingatan kita, bagaimana gempa bumi hebat menghantam mentawai, padang, aceh, yogyakarta dll beberapa tahun silam, yang tdak hanya menimbulkan korban jiwa, tetapi juga menghancurkan infrstruktur gedung dan bangunan.

Kalau semua gedung dan bangunan itu diasuransikan bisa dibayangkan, berapa dana yang dikeluarkan perusahaan asuransi kalau ada klaim dari pemegang polis asuransi. bagaimana dengan perusahaan asuransi kerugian di Indonesia?

Kendati ada perusahaan asuransi kerugian yang ikut menutup resiko gempa bumi, tetapi jumlah nasabahnya masih langka. Demikian pula mengnai pembayaran premi, bisa dikatakan masih ala kadarnya. Tentu hal ini sangat riskan bagi kelangsungan perusahaan asuransi, sebab kalau gempa bumi benar-benar terjadi, mereka tidak mempunyai kemampuan membayar klaim dalam skala besar. Asuransi kerugian

Di sisi lain, Indonesia termasuk negara yang rawan bencana alam seperti gempa bumi, tanah longsor, dan banjir. Bahkan beberapa tahun terakhir muncul risiko lain yakni kerugian akibat hura hara, kerusuhan dan terakhir adalah kerugian akibat ulah teroris .

Di beberapa negara di dunia, semua macam bencana alam atau kerusuhan, huru hara dan ulah teroris tersebut telah di-cover perusahaan asuransi kerugian.

Departemen Keuangan melalui Direktorat Jenderal Lembaga Keuangan mengeluarkan Surat Edaran tertanggal 12 April 2002 mengenai pembntukan upaya bersama menutup risiko gempa bumi. Tentu saja melalui rencana pendirian perusahaan asuransi kerugian spesialis yang meng-cover bncna alam dan sejenisnya. Hal tersebut dimksudkan untuk memberikan perlindungan yang semestinya kepada pemegang polis asuransi gempa bumi dengan cara menrapkan suku premi dan besarnya retensi yang wajar.

Lalu Bagaimana cara pembayaran preminya? pembayaran premi tetap normal seperti biasa. Pemegng polis asuransi membayar premi ke perusahaan asuransi, lantas kemudian persahaan asuransi yang memasukkannya ke pool.

Pemerintah, lanjut dia, untuk saat ini msih terfokus pada gempa bumi terlebih dulu belum pada asuransi akibat bencana alam yang lain

Dengan adanya dukungan resmi pemerintah itu memberikan titik terang bagi industri asuransi kerugian nasional. Karena banyak bidang yang akan di-cover oleh asuransi spesial ini, maka di masa depan, perannya menjadi sangat vital sekaligus juga prospektif bagi industri asuransi nasional.

Sumber: www.sinarharapan.co.id

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Asuransi Untuk Pendidikan


katakanlah, Anda dan pasangan anda adalah pasangan muda, berpendapatan sebulan hanya 1 juta, dan baru memiliki seorang anak berusia 1,5 - 2 tahun. Nah, mana sebaiknya Anda pilih, asuransi atau tabungan? Jika kemungkinan hanya bisa menabung, berapa uang yang harus Anda sisihkan setiap bulan?

pada dasarnya sama saja. Asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan memiliki karakteristik sama. Selain pengambilan investasinya bisa disesuaikan dengan jadwal masuk sekolah anak Anda, keduanya sama-sama memberikan fungsi proteksi. Artinya, ketersediaan dana pendidikan anak Anda akan tetap terjamin meskipun risiko kematian terjadi pada diri Anda.

Dijelaskan, asuransi pendidikan merupakan asuransi yang menawarkan dua kegunaan (dwiguna), yaitu fungsi proteksi dan investasi. Fungsi proteksinya akan menanggung risiko kematian atas Anda, yaitu dengan menjanjikan sejumlah uang tertentu jika Anda mengalami kematian. Hanya saja, uang pertanggungan yang diberikan itu biasanya telah disesuaikan dengan biaya pendidikan anak Anda dan sudah disepakati di dalam polis.

Untk investasi, asuransi ini akan mengelola dan menginvestasikan sebagian premi yang Anda bayarkan. Sebagai ganti pengelolaan uang Anda itu, perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah dana yang besarnya sudah disepakati dalam polis. Waktu pembayarannya pun sudah dijadwal, hal itu agar sesuai dengan waktu sekolah anak Anda.

Disamping itu, tabungan pendidikan merupakan produk tabungan dari bank. Produk ini memiliki karakteristik yang mirip dengan asuransi pendidikan. Dengan jenis tabungan ini, Anda akan menabung sejumlah uang tertentu secara rutin. Asuransi pendidikan.

Besarnya tabungan bulanan pun dihitung dari target dana pendidikan yang akan Anda ambil, kelak. Dan untuk menjamin ketersediaan dana pndidikan itu, bank telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan asuransi yang akan menjamin setoran Anda walaupun terjadi resiko kematian.

Sebaiknya, uang yang akan Anda sisihkan sebagai tabungan bulanan perlu dikaitkan dengan besarnya kebutuhan Anda di masa depan. Untuk dana pendidikan anak Anda, misalnya. Anda harus lebih dulu menghitung jumlah dana yang Anda butuhkan, serta waktu pemakaiannya. Asuransi pendidikan

Setelah itu, hitunglah jumlah uang yang harus Anda tabung. Sedangkan untuk dana cadangannya, Anda pun harus menyiapkan tabungan lain sampai jumlahnya kira-kira berkelipatan antara 5 sampai 15 kali gaji Anda.

Sebenarnya, bukan larangan untuk menabung bagi pasangan muda yang berpenghasilan rendah. Namun sebaiknya, Anda tidak perlu terlalu memaksa diri untuk memiliki sesegera mungkin dana pendidikan dan dana cadangannya. Buatlah pengaturan uang Anda sewajarnya. Alhasil, menyisihkan uang dengan cara menabung tetap bisa tercapai tanpa mengorbankan kepentingan lainnya saat ini.

Sumber: bisniskeuangan.kompas.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Akad Dalam Asuransi Syariah


Indonesia merupakan Negara, dimana mayoritas penduduknya adalah pemeluk agama Islam. Namun demikian, perkembangan produk-produk dengan prinsip syariah baru berkembangn kurang lebih 3-4 tahun yang lalu.

Lalu apakah asuransi yang kita kenal sekarang (asuransi konvensional) telah memenuhi syarat-syarat lain dalam konsep muamalat secra Islami. Dalam mekanisme asuransi konvensional terutama asuransi jiwa, paling tidak ada tiga hal yang masih diharamkan oleh para ulama, yaitu: adnya unsur gharar (ketidak jelasan dana), unsur maisir (judi/ gambling) dan riba (bunga). Ketiga hal ini akan dijelskan dalam penjelasaan rinci mengenai perbedaan antara asuransi konvensional dan syariah.

Asuransi Syariah dan Konvensional

Asuransi jiwa syariah dan asuransi jiwa konvensional mempunyai tujuan sama yaitu pengelolaan atau penanggulangan risiko. Perbdaan mendasar antra keduanya adalah cara pengelolaannya penglolaan risiko asuransi konvensional berupa transfer risiko dari para peserta kepada perusahaan asuransi (risk transfer) sedangkan asuransi jiwa syariah menganut azas tolong menolong dengan membagi risiko diantara peserta asuransi jiwa (risk sharing).

Disamping perbedaan cara pengelolaan risiko, ada perbedaan cara mengelola unsur tabungan produk asuransi. Pengelolaan dana pada asuransi syariah menganut investasi syariah dan terbebas dari unsur ribawi.

Secara rinci perbedaan antara asuransi jiwa syariah dan asuransi jiwa konvensional dapat dilihat pada uraian berikut :

Kontrak atau Akad

Kejelasan kontrak atu akad dalam praktik muamalah menjadi prinsip karena akan menentukan sah atau tidaknya secara syariah. Demikan pula dengan kontrak antara peserta dengan persahaan asuransi. Asuransi konvensional menerapkan kontrak yang dalam syariah disebut kontrak jual beli (tabaduli).

Kontrak Al-Mudharabah

Keuntungan usaha secara mudharabah dibagi menurut kesepakatan yang dituangkan dalam kontrak, sedangkan apabila rugi, ditanggung oleh pemilik modal selama kerugian tersebut bukan akibat kelalaian di pengelola.

Dana Hangus

Pada asuransi konvensional dikenal dana hangus, dimana peserta tidk dapat melnjutkan pembayaran premi dan ingin mengundurkan diri sebelum masa jatuh tempo.

Dalam konsep asuransi syariah, mekanismenya tidak mengenal dana hangus. Peserta yang baru masuk sekalipun karena satu dan lain hal ingin mengundurkan diri, maka dna atau premi yg sebelumnya sudah dibyarkan dapat diambil kembali kecuali sebagian kecil saja yg sudah diniatkan untuk dana tabarru’ yang tidak dapat diambil.

Manfaat Asuransi Syariah

Asuransi syariah dapat menjadi alterntif pilihan proteksi bgi pemeluk agama Islam yang menginginkan produk yang ssuai dengan hokum Islam. Produk ini juga bisa menjadi pilihan bagi pemeluk agama lain yang memandang konsep syariah adil bagi mereka

Sumber: www.sinarharapan.co.id

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Aturan Kegiatan Perasuransian Indonesia


Kegiatan perusahaan asuransi atau usaha perasuransian, khususnya asuransi atau usaha perasuransian, merupakan jenis yang termasuk dalam kategori kegiatan usaha yang sangat diatur oleh pemerintah. Hal ini dilakukan karena usaha asuransi sangat berkaitan dengan pengumpulan dana masyarakat. Namun, meskipun kegiatan usaha perasuransian telah berlangsung cukup lama, kita baru mempunyai Undang-undang yang khusus mengatur mengenai jenis kegiatan usaha ini sejak tanggal 11 Februari 1992, yaitu Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian. asuransi atau usaha perasuransian.

Undang-undang Nomor 2 tersebut pada dasarnya merupakan hukum publik yang mengatur kegiatan usaha perasuransian dan perusahaan asuransi, sedangkan perjanjian yang timbul sehubungan dengan kontrak asuransi diatur tersendiri dalam Kitab Undang-undang Dagang (KUHD) yang merupakan hukum privat. Hal-hal yang diatur dalam Undang-undang Nomor 2 tersebut meliputi antara lain:

1. Bidang Usaha, Jenis Usaha, Ruang Lingkup Usaha, serta Bentuk Hukum Usaha Perasuransian;

2. Obyek Asuransi;

3. Kepemilikan dan Perizinan Usaha Perasuransian;

4. Pembinaan dan Pengawasan;

5. Kepailitan dan Likuidasi; dan

6. Ketentuan Pidana.

Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992 tersebut, kemudian dijabarkan lebih lanjut ke dalam beberapa peraturan pelaksanaannya.

1. Usaha Perasuransian atau perusahaan asuransi terdiri dari :

Usaha Asuransi

Usaha Asuransi Kerugian, yaitu usaha yang memberikan jasa dalam penanggulangan risiko atas kerugian, dan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga, yang timbul dari peristiwa yang tidak pasti;

Usaha Asuransi Jiwa, yaitu usaha yang memberikan jasa dalam penanggulangan risiko yang dikaitkan dengan hidup atau meninggalnya sesorang yang dipertanggungkan;

Usaha Reasuransi, yaitu usaha yang memberikan jasa dalam pertanggungan ulang terhadap risiko yang dihadapi oleh perusahaan asuransi kerugian dan atau perusahaan asuransi jiwa.

Usaha Penunjang Usaha Asuransi yang terdiri dari :

Usaha Pialang Asuransi, yaitu yaitu usaha yang memberikan jasa keperantaraan dalam penutupan asuransi dan penanganan penyelesaian ganti rugi asuransi dengan bertindak untuk kepentingan tertanggung;

Usaha Pialang Reasuransi, yaitu usaha yang memberikan jasa keperantaraan dalam penempatan reasuransi dan penanganan penyelesaian ganti rugi reasuransi dengan bertindak untuk kepentingan perusahaan asuransi;

Usaha Penilai Kerugian Asuransi, yaitu usaha yang memberikan jasa penilaian terhadap kerugian obyek asuransi yang dipertanggungkan;

Usaha Konsultan Aktuaria, yaitu usaha yang memberikan jasa konsultasi aktuaria;

Usaha Agen Asuransi, yaitu usaha yang memberikan jasa keperantaraan dalam rangka pemasaran jasa asuransi untuk dan atas nama penanggung.

Sumber: www.djlk.depkeu.go.id

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris


Lahan Pertanian Mulai Tergusur Oleh Pertambangan


Dengan pertambanga indonesia sekarang, sedikitnya 12.000 hektar lahan pertanian produktif di Kalimantan Timur hilang akbat tergsur eksploitasi pertambangan indonesia. Kondisi ini tidak hanya mematikan usaha ribuan petni di daerah ini, tetapi juga membuat kaum perempuan, yang banyak membantu keluarganya bekerja di sektor pertanian, juga menjadi korban kehlangan mata pencarian.

Hal ini dikemukakan Koordinator Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Kaltim Kahar Albahri

Menurut Kahar,maraknya pertambangan indonesia yang hilang kendali berakibat hilangnya lahan-lahan budidaya mengakibatkan warga, juga kaum perempuan terpaksa beralih ke pekerjaan lain, seperti menjadi buruh di perusahaan pertambangan. Ironisnya lagi, mereka yang tidak memiliki bekal pendidikan tidak bisa terakomodasi oleh perusahaan. ”Nah, karena lahan tergusur dan tidak ada pekerjaan, ada perempuan yang sangat terpaksa melacur,” kata Kahar.

Dalam penelusuran Jatam Kaltim, kompleks-kompleks pelacuran marak di sekitar tambang. Hal ini bisa dilihat di Kecamatan Melak, Kabupaten Kutai Barat. Di situ ada empat kompleks pelacuran di sekitar lokasi operasional dua perusahaan pertambangan batu bara perusahaan multinasional (MNC). Karna terpaksa mengantungkan hidup dari pelacuran, perempuan rentan tertular penyakit kelamin. pertambangan indonesia.

”Karena menghancurkan sendi-sendi perekonomian, kami mengimbau kaum perempuan menolak tambang,” kata Anggi Retno, anggota Tim Kerja Perempuan untuk Tambang pada Jatam Kaltim.

Secara terpisah, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan, sektor pertanian menyerap 33 persen tenaga kerja Kaltim. Sektor pertambangan indonesia cuma menyerap 6 persen.

Namun, tambahnya, sumbangan pertambangan untuk perekonomian jauh lebih besar. Pertambangan berkontribusi 45 persen pada produk domestik regional bruto (PDRB) Kaltim yang rata-rata Rp 300 triliun per tahun. Adapun sektor pertanian cuma berkontribusi 6 persen bagi PDRB. pertambangan indonesia.

”Meski demikian, saya cenderung memilih sektor pertanian dikembangkan dan bukan berarti pertambangan indonesia harus dihapuskan,” kata Awang Faroek yang mengakui prihatin atas kondisi pertambangan di Kaltim khusus penerbitan izin pertambangan oleh para bupati yang sudah mencapai 1.180 buah.

Sumber: www.walhi.or.id

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Donat Bakar Untungnya Senikmat Rasanya


Bisnis industri “DOKAR” …menurut bahasa Jawa berarti delman, atau alat transportasi sederhana yang ditarik oleh Kuda. Namun bukan Dokar itu yang akan kita bicarakan.

DOKAR, ”Donat Bakar” adalah pelopor dari bisnis industri makanan penyedia yagn menyajika layanan premium dan inovator rasa dalam donat yang sangat disukai konsumen. Berdiri sejak tahun 2008 dan terus mengembangkan usahanya dengan membuka berbagai cabang diberbagai kota, mulai dari wilayah Jakarta hingga wilayah Jawa Timur. bisnis industri DOKAR terus berkreasi dalam menciptakan variasi rasa untuk menjangkau konsumennya yang sangat luas.

Produk DOKAR sangat berbeda dengan produk donat yang lain. Kelebihan yang dimiliki oleh DOKAR yaitu donat dibakar terlebih dahulu sebelum diberi topping, sehingga konsumen bisa menikmati sensasi donut dalam keadaan hangat dengan lumeran cokelat yang begitu lezat serta menggoda dengan berbagai varian rasa. bisnis industri DOKAR memiliki bermacam-macam variasi rasa seperti jagung bakar, balado, blueberry, durian, cokelat glaze, cappucino, tiramisu, kacang, keju, donat ala burger, sosis sapi, dll (saat ini DOKAR telah memiliki 29 variasi rasa, dan akan terus dikembangkan diwaktu mendatang).

7 Alasan kenapa DOKAR wajib menjadi pilihan bisnis industri anda :

1. Berhak menggunakan nama DOKAR (Donat Bakar).

2. Investasi yang terjangkau (cuma Rp 7 juta) dan Insya Allah menjanjikan, belum banyak kompetitor, potensial dengan peluang pasar masih luas.

3. Bisnis mudah dikelola, PRODUK UNIK dan sedang tumbuh.

4. Standarisasi rasa dan kualitas.

5. Ketersediaan Produk dan Bahan Baku.

6. Bebas biaya training karyawan (untuk wilayah Solo)

7. Proyeksi BEP kurang dari 1 tahun.

”DOKAR” benar-benar merupakan sebuah peluang bisnis makanan menarik. Cara mudah bagi anda yang ingin memiliki sebuah bisnis industri milik sendiri. Segera pastikan bahwa diri anda menjadi salah satu orang yang memetik kesuksesan dari bisnis industri “DOKAR”…Donat Bakar!

Sumber: bisnisukm.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Untung Dengan Bisnis “Keripik Tempe”


Pernah berkunjung ke kota Cilacap?? Pasti pernah mencicipi penganan khas kota ini. Yup, sudah pasti keripik tempe. Keripik tempe adalah produk industri rumahan di Desa Rawaapu, Patimuan, Cilacap. Tempe diiris tipis dicelupkan ke adonan tepung terigu encer lalu digoreng dengan minyak kelapa hingga kering. Hasilnya, adalah keripik renyah yang gurih dan lezat.

Produk industri kripik tempe di Desa Rawaapu menjadi industri rumahan yang banyak dikelola oleh kaum perempuan. Kripik tempe yang sudah digoreng lalu dibungkus dalam kemasan plastik berisi kurang lebih 8 buah. Label kemasan cukup dengan kertas fotokopi bertuliskan merek dan alamat produsen. Setiap bungkus keripik dijual secara grosiran ke pasar kecamatan dengan harga Rp 2.500,- selanjutnya dijual eceran dengan harga Rp 3.000,-

Membuat keripik tempe yang gurih perlu ketelitian dan kebersihan. Tempe harus terbuat dari kedelai yang bagus supaya pada saat vermentasi rasanya tidak pahit. Kedelai yang bagus juga memdahan pengirisan tempe menjadi lembaran kripik tipis. Selain itu, minyak kelapa yg digunakan harus berkualitas bagus supaya kripiknya wangi dan tidak sangit.

Menurut salah satu warga, para produsen kripik lebih memilih minyak kelapa buatan sendiri dibanding membeli minyak kelapa curah yang dijual di pasaran. Tempenya sendiri diambil dari Kecamatan Sidareja dan Gandrung yang dikenal dengan produsen tempe mendoan. Selain keripik di Desa Rawaapu juga berkembang industri rumahan makanan ringan lainnya, seperti sale pisang, kripik pisang, dan lain-lainnya.

Pemasaran produk industri rumahan makanan ringan di Desa Rawaapu selama ini tidak terlampau sulit. Mereka menitipkan produknya di warung-warung kecil dan pasar kecamatan. Jumlah permintaan barang biasanya terjadi pada masa-masa liburan karena banyak warga Desa Rawaapu yang bekerja di luar daerah memborongnya sebagai oleh-oleh.

Industri ini mampu menjadi penghasilan keluarga, terutama setelah masa tanam padi. Setelah panen warga banyak yang menganggur menunggu panen padi. Warga biasa menyebutnya sebagai musim paceklik. penghasilan terbatas, akhirnya para perempuan banyak yang berinisiatif membuat industri rumahan dan pedagang keliling. Dan kini usaha ini sudah menjadi peluang sukses bisnis rumahan.

Menambah penghasilan sekaligus membangun industri rumahan hingga menjadi produk khas kota tersebut pasti sangat menyenangkan dan menguntungkan bukan??.

Sumber: bisnisukm.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Keadaan Lokasi pasca pertambangan


Dalam waktu yang berdekatan ini sangat banyak kita saksikan aktivitas pertambangan Batu Bara yang tidak memiliki konsepsual pengembalian fungsi hutan dengan cara apa?,bagaimana,kapan? sehingga jangan heran kalau melihat lokasi setela aktivitas pertambangan yang kering tanpa fungsi sosial sedikitpun.

Seringkali lokasi pasca pertambangan ditanami tanaman yang menghasilkan atau tingkat produktifnya tinggi seperti kelapa sawit dll, kolam kolam tambang diberi ikan yang harapannya akan mudah berkembang biak dan akan dikonsumsi masyarakat sekitar, sebagai upaya mengembalikan fungsi hutan dengan fungsi sosial.

Tetapi untuk sekedar diketahui bahwa bahaya dari menkonsumsi ikan didanau pertambangan batu bara akan menimbulkan efek lainnya karena air danau yang tidak terjamin kualitas baku mutu yang ditetapkan sebagai air yang layak untuk ikan, biasanya ikan akan tumbuh abnormal atau jikapun normal mungki pertambangan juga menggunakan bahan kimia ( Bahan peledak, Pengurang panas, Dll ). Efek menkonsumsi ikan juga akan baru dirasakan dalam jangka waktu yang lama, belum lagi tenaga kerja yang rentan akan penyakit akibat kerja.

Tetapi yang dapat kita lihat sangat kontradiktif secara real konsepsual pertambangan yang terencana atau sesuai aturan didalam AMDAL ( Analisa Mengenai Dampak Lingkungan ) yang mengharuskan pengembalian hutan dengan tujuan fungsi sosaial. Sangat tidak bertanggung jawab jika mengambil kekayaan alam tetapi tidak mengembalikannya dengan fungsi sosial ( Ditelantarkan ).

Dengan adanya beberapa kasus yang sudah terjadi, maka sekiranya warga daerah setempat dapat lebih berfikir untuk turut serta mengawasi daerahnya yang menjadi rencana pengembangan batu bara, jangan tergiur oleh ganti rugi, lapangan pekerjaan, dll tetapi tidak terlepas dari kebutuhan akan Ganti rugi dan lapangan kerja maka kita wajib mengawal rehabilitas hutan setelah aktivitas tambang dilaksanakan. Hubungi Admin untuk informasi lebih lanjut.

Sumber: www.uklik.net

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

10/27/2010

Bangkitkan Industri Kain Sutra


Menteri Perindustrian mengatakan potensi industri kecil maupun besar untuk kain sutra di dalam negeri belum tergali optimal sehingga pencapian ekspor produk tersebut belum sesuai dengan target ideal.

Menurut catatan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), sejumlah perajin tenun sutra trendnya bahkan terus menurun rerata 10% dari jumlah pada tahun lalu sekitar 4 juta orang.

“Saya dengar tren industri kecil maupun besar untuk kain sutra menurun hingga 40% karena faktor teknlogi proses yang berkepanjangan serta ada semacam adapt istiada yang tidak boleh dilanggar. Dari skala ekonomis, kondisi itu kurang menguntungkan. Padahal, potensi industri kecil maupun besar untuk kain sutraini sangat bagus,” jelasnya. industrik kecil

Dengan alasan itu, jelasnya, Kemenperin akn terus berupaya menggali potnsi industri kecil maupun besar untuk kain sutra kain sutra meningkatkan inovasi serta pengembangan tenun tradisional dalam mengangkat daya saing tenun Indonesia di pasar lokal dan dunia.

“Kemenperin akan memprbanyak pelatihan, peningkatan desain, kemasan dan merek serta akses pembiayaan. Kami bahkan sudah buat pengembangan IKM di daerah-daerah,” tuturnya.

Ketua Umum Asosiasi Tenun Indonesia (ATI) Tuty Cholid mengatakan nilai ekspor kain tenun sutra pada tahun ini ditargetkan mencapai US$1,3 juta atau meningkat sekitar 20% dibandingkan dengan ekspor pada 2009 sebesar US$1,1 juta.

ada untuk produksi sutra sendiri diperkirakan bisa mencapai sekitar 15 juta meter secara konsisten. “Harga sutra per meter saat ini mencapai US$10 - US$11. Peningkatan ekspor per tahunnya cukup bagus karena masyarakat Uni Eropa dan Jepang senang dengan kain tenun sutra kita,” katanya.

Dia mengatakan komoditas kedua setelah sutra yang diminati dunia adalah kain katun dengan volume produksi dapat mencapai 90 juta meter per tahun. “Untuk katun nilai ekspor per meternya sekitar Rp12.000 – Rp30.000, lebih murah daripada harga sutra,” ujarnya.

Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kemenperin Fauzi Aziz mengatakan untuk mendorong pengembangan industri tenun berdaya saing, Kemenperin memberikan kompensasi potongan sebanyak 25%-30% bagi pelaku industri kecil maupun besar untuk kain sutra yang akan melakukan restrukturisasi permesinan.

Sumber: web.bisnis.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Mengetahui Ragam Dan Jenis Paspor


Ada beragam form paspor yang dikenal. Masyarakat awam yang hendak berangkat ke luar negeri pada umumnya harus mengurus form paspor biasa. Paspor biasa terdiri dua jenis, yaitu yang 48 halaman diberikan kepada warga umum dengan masa berlaku 5 tahun, dan paspor 24 halaman yang lazim dipakai Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Orang-orang yang secara resmi ditunjuk mewakili Indonesia di luar negeri seperti duta besar, atase, dan konsul memakai form paspor diplomatik. Sementara pejabat pemerintahan seperti Menteri yang berkunjung ke luar negeri umumnya menggunakan paspor dinas. Ada juga yang disebut paspor haji, yakni form paspor yang khusus dipakai jamaah haji.

Selain itu ada pula yang disebut (i) Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk WNI; (ii) Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk Orang Asing; dan (iii) Surat Perjalanan Laksana Paspor Dinas.

Regulasi Kemudahan Pemberian Paspor

Sejalan dengan perkembangan masyarakat dunia dimana batas-batas negara semakin kabur atau yang lazim disebut borderless world, kunjungan antar negara sudah lazim dilakukan. Frekuensinya pun cepat. Ratusan ribu hingga jutaan orang asing berkunjung ke Indonesia setiap tahun, demikian pula sebaliknya. Oleh karena itu, Pemerintah berusaha mempermudah pemberian fasilitas paspor. Form paspor

Dirjen Imigrasi telah menerbitkan Peraturan No. F.083.PL.01.10 Tahun 2006 tentang Penerapan Sistem Foto Terpadu Berbasis Biometrik pada Surat Perjalanan Republik Indonesia. Penggunaan teknologi biometrik dimaksudkan untuk mencegah pemalsuan dan sekaligus mempercepat pelayanan.

Tahun 2006, Dirjen Imigrasi menerbitkan Instruksi tentang Pelaksanaan Inpres No. 6 Tahun 2006 tentang Kebijakan Reformasi Sistem Penempatan dan Perlindungan TKI. Berdasarkan Surat Edaran ini, pengurusan paspor TKI diselesaikan dalam waktu tiga hari kerja, fungsi verifikasi dokumen keberangkatan di Terminal Pemberangkatan ditiadakan, pembentukan konter khusus TKI di imigrasi, dan memberantas percaloan.

Peraturan Dirjen Imigrasi No. F-960.IZ.03.02 Tahun 2006 menegaskan bahwa paspor RI dapat diberikan dimana saja tanpa dibatasi aspek domisili yang tertera di dalam KTP pemohon paspor.

sumber : http://hukumpedia.com/

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

a

Tips Mudah mengajukan aplikasi visa ke UK


Semua formulir aplikasi dan form visa yang dimasukkan melalui agen perjalanan harus diajukan secara online pada website Visa4UK dimana Anda akan diberikan panduan bagaimana melengkapi aplikasi Anda. Anda akan diminta untuk memberikan alamat E-mail Anda. Hal ini untuk keamanan Anda dan memudahkan kami untuk menghubungi Anda mengenai aplikasi online Anda. Kami juga akan meminta print out atau cetakan dari formulir aplikasi visa on-line Anda sebagai bagian dari proses. Saat ini kami belum bisa menerima pembayaran secara online.

Setelah Anda mengisi form visa dan mengajukan aplikasi secara on-line, Anda akan diminta untuk memberikan copy formulir aplikasi on-line Anda, passport asli Anda, dokumen-dokumen pendukung, biaya yang sesuai dan data biometric dengan datang langsung sendiri ke Pusat Aplikasi Visa terdekat. Biaya visa saat ini tercantum disini. Anda diminta untuk memberikan semua photocopy dokumen-dokumen asli Anda.

Staf UK Border Agency yang bertempat di Konsulat Inggris di Jakarta sangat merekomedasikan pengunaan formulir aplikasi form visa secara online ini dengan beberapa alasan:

* Lebih cepat dan lebih mudah untuk melengkapi aplikasi secara online daripada manual dengan tulis tangan;

* Proses online memastikan kelengkapan pengisian kolom-kolom informasi yang diharuskan untuk diisi;

* Pemrosesan yang lebih cepat di Pusat Aplikasi Visa;

* Selama peak season, Pusat Aplikasi Visa akan membuka counter khusus bagi pemohon visa yang telah melengkapi formulir secara online;

* Teks mudah dibaca - seringkali formulir yang diisi dengan tulisan tangan tidak dapat diterima atau akan ada pertanyaan lebih jauh untuk dijawab disebabkan informasi yang tidak dapat dibaca jelas - yang menyebabkan proses aplikasi tertunda. form visa.

Mohon cetak formulir dalam monotone / all black ink saat menggunakan printer berwarna, karena beberapa printer berwarna tidak dapat mencetak pertanyaan-pertanyaan yang terlihat pada layar komputer. Kami tidak dapat menerima formulir yang tidak lengkap - keseluruhan formulir, termasuk semua pertanyaan yang ada harus tercetak dan ditandatangani oleh pemohon visa. form visa

Mohon dicatat bahwa Anda tidak bisa menggunakan website visas4uk untuk aplikasi visa ke negara-negara lainnya selain UK dan UK Overseas Territories.

Apabila Anda tidak bisa mengajukan aplikasi secara online Anda diminta untuk mengisi formulir secara manual. Formulir disediakan gratis. Kami sangat merekomendasikan Anda untuk men- download Visa Application Form dari website UK Border Agency Visa Services dan melengkapinya sebelum membawa formulir tersebut ke Pusat Aplikasi beserta dokumen-dokumen yang direkomendasikan sesuai dengan kategori visa yang Anda ajukan (lihat bagian document checklist). Anda sebaiknya juga menyediakan photograph terbaru Anda. Form visa.

Sumber: www.vfs-uk-id.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Visa Dan Prosedur Pembuatannya


Mengapa saya tertarik menulis proses pembuatan visa? Pertama karena sangat seringnya saya menemukan keluhan betapa sulitnya pembuatan visa dan kedua karena terus terang saya sendiri tidak mengerti cara membuat visa itu seperti apa. Jdi menyelam sambil meninum air

Dari wikipedia saya menemukan penjelasan bahwa Visa adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah negara, yang memberikan izin kepada seseorang untuk masuk ke negara tersebut dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu. Misalnya saja saya ingin melanjutkan studi ke negara Amerika Serikat selama kurang lebih 3-4 tahun, atau saya memperoleh pekerjaan di luar negeri. Selain butuh Paspor, saya juga harus punya Visa agar boleh masuk ke negara yang saya tuju.

Saat ini ada begitu banyak jasa yang menawarkan pembuatan visa dan Passport dengan iming-iming lebih mudah dan cepat. Namun tidak sedikit yang ternyata berkedok penipuan.

Berikut ini salah satu cara pembuatan visa untuk negara tujuan Amerika.

Langkah awal dalam pembuatan visa adalah setiap pemohon yang diharuskan mengisi formulir permohonan pembuatan visa, contohnya form DS-156 (download di website kedubes amerika - http://jakarta.usembassy.gov/consular/ds156.pdf). Form DS-156 adalah aplikasi Visa Non Immigrant yang diperuntukkan bagi anda yang akan berkunjung ke Amerika untuk keperluan social visit atau untuk urusan bisnis. Sebenarnya masih ada jenis-jenis formulir permohonan pembuatan visa lainnya seperti :

* DS-157 untuk pria usia 16 sampai 45

* DS-158 untuk semua pemohon visa jenis F, M and J, pemohon visa pelajar atau pun program pertukaran

* dll

Tata cara pengisian dan pengajuan formulir permohonan visa, serta syarat-syarat yang dibutuhkan dapat anda temukan dan pelajari di sini, disesuaikan dengan jenis visa yang anda perlukan.

* Kunjungan/Turis Visa (B-2 Visa) - http://jakarta.usembassy.gov/consular/NIVTOURISTINDO.html

* Bisnis Visa (B-1 Visa) - http://jakarta.usembassy.gov/consular/NIVBUSINESSINDO.html

* Visa untuk pekerja rumah tangga (B-1 Visa) - http://jakarta.usembassy.gov/consular/NIVDOMESTICEMPLOYEES.html

* Visa Transit (C Visa) - http://jakarta.usembassy.gov/consular/NIVTRANSIT.html

* Visa Pelajar (F dan M Visa) - http://jakarta.usembassy.gov/consular/NIVSTUDENTS.html

* Visa Pertukaran Pelajar (J dan Q Visa) - http://jakarta.usembassy.gov/consular/NIVEXCHANGE.html

* Visa Kerja - http://jakarta.usembassy.gov/consular/NIVWorkvisasINDO.html

Awak kapal/pesawat (D dan C-1/D) - http://jakarta.usembassy.gov/consular/NIVCREW.html

Orang asing untuk pekerjaan khusus (H-1/B) - http://jakarta.usembassy.gov/consular/NIVH1B.html

Pekerja Sementara (H-2/B) - http://jakarta.usembassy.gov/consular/NIVH2B.html

Orang yang dikirim untuk pelatihan (H-3) - http://jakarta.usembassy.gov/consular/NIVH3.html

Perwakilan Media Asing (I) - http://jakarta.usembassy.gov/consular/NIVMEDIA.html

Transfer dalam perusahaan (L) - http://jakarta.usembassy.gov/consular/NIVINTRACOMPANY.html

Penghibur (P-3) - http://jakarta.usembassy.gov/consular/NIVENTERTAINER.html

Pekerja Keagamaan (R) - http://jakarta.usembassy.gov/consular/NIVRELIGIOUS.html

* Visa Tunangan (K-1) - http://jakarta.usembassy.gov/consular/IVFIANCE.html

Sumber: parelotong.blogspot.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Paspor anak dibawah umur 17 tahun


Untuk perpanjang paspor dan penggantian paspor yang hilang atau rusak, prosedur / cara pengurusannya sama saja dengan pembuatan paspor baru. Hanya selain dokumen yang telah ditetapkan, perlu menyertakan dokumen tambahan sbb :

* Paspor Lama (bagi yang pernah sudah punya paspor dan mau mengganti paspor karena sudah atau akan abis masa berlakunya)

* Surat kehilangan dari kepolisian setempat (utk pasport yang hilang). pembuatan paspor.

Proses Pembuatan paspor anak dibawah umur 17 tahun prosedurnya sama seperti paspor dewasa, hanya ada syarat tambahan dokumen yg harus dilengkapi.

Syarat pembuatan paspor anak secara lengkap adalah sbb:

* akte lahir;

* KTP orang Tua;

* Kartu Keluarga;

* STTB/Ijazah, atau Akte Lahir Orang Tua;

* Surat Kawin/Nikah Orang Tua;

* Foto Kopi Paspor Orang Tua yang masih berlaku;

* Melampirkan surat pernyataan tertulis materai Rp 6000 dari Orang Tua.

* Paspor lama (bila udah pernah punya paspor)

Jika anda ada masih ada waktu, sebaiknya anda mengurus segalanya sendiri selain murah adan dapta mengetahui seluk beluk tetang pembuatan paspor. Biayanya antara 281.000 – 286.000 rupiah saja, sedangkan kalo pakai biro jasa paspor biayanya sekitar 600.000 sampai 800.000 per pasport. Lumayan khan pembuatan paspor jadi lebih muarah ?

Untuk Warga negara RI dapat membuat SPRI (Surat Perjalanan Republik Indonesia/paspor) di Kantor Imigrasi seluruh Indonesia tanpa terikat oleh bukti domisili yang tertera di dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP), berdasar Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: M.08-IZ.03.10 Tahun 2006 pada tanggal 31 Agustus 2006, yang diberlakukan sejak tanggal 1 September 2006.

Source : ibujempol.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Syarat pembuatan pasport baru dan prosedur di kantor imigrasi


Untuk anda yang sedang menjalani pengurusan paspor imigrasi indonesia di bawah ini kami berikan informasi cara mengurus dan syarat pembuatan paspor. saya sarankan anda mengurus sendiri tanpa menggunakan biro jasa atau calo

Syarat pembuatan pasport baru dan prosedur di kantor imigrasi

1. Datangi kantor imigrasi

Di kantor imigrasi ambil formulir. Isi secara lengkap dan lampirkan dokumen sbb :

* KTP asli dan fotokopi

* Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopi

* Akte Kelahiran asli dan fotokopi

* Surat Sponsor / surat keterangan / surat rekomendasi dari tempat kerja

* Meterai Rp.6000,-

Surat tambahan yang perlu disiapkan saja:

* Akte Nikah (bila sudah menikah tentunya, kalo belon nikah jangan pake punya nyak babe, apalagi minjem punya orang)

* Surat WNI/SKKRI/SBKRI untuk yang punya

* Surat Keterangan Ganti Nama

* Ijazah terakhir

2. Kelengkapan berkas di atas dimasukan ke map yg dibeli di kantor imigrasi dan serahkan ke loket pendaftaran paspor.

Di loket ini anda akan dicek kelengkpan dokumen dan ditanya motivasi pembuatan paspor.

perhatian: Ambil formulir dan memasukkan berkas bisa diwakilkan pada orang lain, terutama bila kita mo urus paspor untuk orang tua (sepuh) atau anak kecil. Pengambilan formulir paspor dan penyerahan berkas diwakilkan saja

3. Berdasar tgl yg tertera di slip/struk yg kita terima, kita kembali lagi dgn membawa semua berkas asli plus slip / struk itu. Datang kali ini untuk pembayran, foto, sidik jari dan wawancara. Kali ini gak bisa diwakilkan.

Datang, ngantri untuk serahkan berkas + struk dan nanti diberi semacam kwitansi utk melakukan pembayaran. Bayar dikasir.

4. Dengan kwitansi pembayaran ke tempat photo, serahkan slip merah ke org di ruangan photo dan ngantri tunggu panggilan.

5. Dandan yang cantik dan ganteng, rapih, setelah dipanggil masuk untuk bikin photo biometrik. Kemudian lakukan pengambilan sidik jari. Abis itu diwawancara basa basi lagi ttg motivasi mo punya pasprot. Dapat lagi struk utk ambil paspor pada tanggal yg tertera.

6. Pada tanggal yang ditetapkan datang ambil paspor, untuk ambil bisa diwakilkan ke orang lain. Gampang kan ?

Biaya Paspor yag resmi sebesar Rp.270.000 dengan perincian : Rp.200.000 utk buku paspor 48 lembar, 55.000 utk Photo Biometric, 15.000 utk sidik jari. Plus biaya tambahan Rp.6000 utk meterai dan Rp.5.000 – Rp.10.000 utk map ( biaya pasnya tergantung kantor imigrasi, ada yg narik 5 ribu ada yg minta 10 ribu rupiah untuk harga map (yg notabene adalah gratis).

Source : ibujempol.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Karekter perusahaan investasi yang scam


Dunia Investasi online dikenal orang sebagai investasi yang rata-rata menawarkan keuntungan tinggi dan dikenal dengan sebutan High Yield Investment Program (HYIP) atau Program Investasi dengan keuntungan tinggi. Tapi tahukah anda hampir 99% program tersebut itu penipu (scam).

Berikut di bawah ini kami berikan sedikit tips bagaimana membedakan perusahaan investasi yang penipu atau yang akan menipu (scam) nantinya.

Ciri-ciri perusahaan investasi scam:

1. Tidak ada keterangan jelas bagaimana mereka mengelola dana investor. Untuk mengembalikan uang investor dan memberikan keuntungan yang dijanjikan tentu perusahaan harus mempunyai program yang jelas untuk mengelola dana investor. Kalau tidak ada berarti ini merupakan money game dengan skema Ponzi di mana investor yang masuk duluan yang akan dibayar dan yang masuk belakangan tidak akan dibayar atau dengan kata lain investor akan dibayar dengan uang yang dibayar dari investor yang baru masuk. Kalau tidak ada lagi penambahan investor baru atau sedikit penmbahan, maka perusahaan (program) akan tutup dan tidak membayar lagi kepada investor. Rata-rata program ini tidak akan bertahan lebih dari 1 bulan, maksimalnya dibawah 6 bulan.

2. Menawarkan investasi dengan keuntungan di atas 5% perhari. Biasanya perusahaan investasi yang menawarkan keuntungan di atas 5% perhari juga tidak akan bertahan lebih dari 6 bulan. Makin tinggi perusahaan investasi menawarkan keuntungan makin cepat tutupnya. Contoh ada perusahaan investasi yang menawarkan keuntungan lebih dari 100% per-hari, sudah pasti program tersebut hanya bertahan kurang dari 2 minggu dan sudah tidak membayar kepada investor. Perusahaan investasi lainnya yang menawarkan keuntungan pembayar perjam sudah pasti 100% penipu (scam).

3. Pengelola perusahaan investasi tidak membalas E-mail. E-mail yang kita kirim atau tidak memberikan respon melalui telepon (SMS), online messenger, forum ataupun fax (salah satu saja) dalam waktu 48 jam (2 hari) pada hari kerja, kemungkinan besar perusahaan investasi adalah penipu juga karena anda tentunya tidak ingin meng-invest uang anda kepada orang yang males merespon kita.

4. Pada situsnya, bagian FAQ, rules atau Terms tertulis kata-kata seperti: You agree to only invest money that you can afford to lose yang artinya anda setuju untuk meng-invest uang yang anda rela (mampu) untuk rugi. Saya jamin kalau ada kata-kata seperti ini, 90% dari perusahaan investasi benar-benar akan tidak mengembalikan uang anda dan anda tidak dapat protes karena anda telah setuju akan hal ini.

5. Program dengan minimum investment $1 hampir bisa dipastikan sekitar 90% juga adalah scam karena pengelola keuangan yang benar tidak akan mau menerima recehan di mana 1 dollar dianggap merupakan uang tips bagi sebagian orang Amerika bukan uang yang cocok untuk dijadikan investasi minimum. Setidaknya harus $5 keatas kalau program investasi yang benar baru mau menerima, rata-rata program (perusahaan) yang bertahan lebih dari 6 bulan bahkan harus minimal $10 untuk minimum investasi. Selain itu kalau kita memakai uang internet E-Gold yang menerima uang dibawah $10 dikenakan fee (biaya) yang cukup besar (3% – 10%).

Selalu Waspada dan Berpikir Jernih

sumber : www.ketok.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Rata PenuhKiat Menilai Perusahaan Jasa Keuangan

Rata Penuh

Menilai Perusahaan Jasa Keuangan

Kategori Perusahaan Jasa Keuangan (dari perspektif menghasilkan/mengelola dana/uang) sebagai berikut:

1. Bank

menghsilkan uang dari selisih antara bunga dari meningkatkan dana (fund) dengan bunga yang harus dibayarkan kepada penabung.

2. Perusahaan Asuransi

pendapatan dihasilkan dari claims premium dan investasi portfolio.

3. Bank Investasi

pendapatan dari produk berupa saran-saran dan suport untuk meningkatkan modal dari pasar keuangan.

4. Perusahaan Investasi

melakukan investment advice dan mengelola portfolio clients. Income berasal dari fee advisory dan dari fee investment portfolio.

Kerangka Umum Penilaian Perusahaan Jasa Keuangan

Bagaimana menilai perusahaan jasa keuangan ?

1. harus paham/jelas untuk menilai equity pada perusahaan ini dibandingan perusahaan umum lainnya.

2. dibutuhkan sebuah pengukuran cash flow yang tidk mensyaratkan kita untuk mengestimasi kebuthan reinvestment (reinvestment needs) atau kita dapat menguraikan reinvestment menjdi lebih berguna bagi sebuah perusahaan jasa keuangan.

Equity VS Firm

Pada pembahasan sebelumnya, kita menilai perusahaan melalui discounting expected cash flow prior to debt payment at WACC dan untk menilai equity dengan discounting cash flow to equity investors at the cost of equity.

Mengestimasi Discounting expected cash flow prior to debt payment at WACC sulit ketika utang dan pembayaran utang tidak mudah diidentifikasi. Hal ini menjadi sebuah masalah bagi perusahaan jasa keuangan karena banyak perdebatan mengenai ini.

Sedangkan equity bisa dinilai secara langsung dengan menggunakan discounting cash flow to equity investors at the cost of equity kemudian kita akan melakukan multiples secara baik. Equity multiples (seperti price to earning atau price to book ratio) merupakan pengukuran yang lebih baik untuk menilai perusahaan jasa keuangan daripada menggunakan value multiples (seperti value to EBITDA).

Mengestimasi Cash Flow

Untuk menilai equity sebuah perusahaan, biasanya kita menaksir the free cash flow to equity, dengan methode sbb :

The free cash flow to equity = Net income – Net Capital Expenditures – Changes in Noncash working Capital – (Debt repaid – New Debt Issued)

Jika kita tidak dapat mengestimasi Net Capital Expenditures atau Noncash working Capital maka kita tidak bisa mengestimasi The free cash flow to equity.

Ada dua pilihan bagi perusahaan jasa untuk mengatasi masalah ini :

1. Memakai dividen sebagai pengukuran cash flow to equity dan mengasumsikan bahwa perusahaannya over time pay out untuk The free cash flow to equity sebagai dividen. Jika dividen dapat diamati, maka kita tidak akan menghadapi sebuah pertanyaan tentang how much firm reinvest.

2. Pemakaian pengukuran The free cash flow to equity diperkenankan untuk berbagai tipe reinvestment pada perusahaan jasa keuangan. Bank dapat beroperasi dibawah batasan sebuah capital ratio (rasio modal), hal ini dapat dikatakan bahwa perusahaan ini akan menginvestasikan kembali (reinvest) equity capital ke dalam berbagai bentuk investment sehingga membuat banyak pinjaman (loan) di masa yang akan datang.

Sumber: bambang77001.blogspot.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris